Lihat ke Halaman Asli

Dewi Puspasari

TERVERIFIKASI

Penulis dan Konsultan TI

Kelapa Bakar Bikin Badan Hangat

Diperbarui: 23 Desember 2018   22:11

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Kelapa bakar sajian berbeda kelapa muda (dokpri)

"Yuk nyobain kelapa bakar!" ajak pasangan. Aku yang belum pernah mencicipinya jadi penasaran. "Kelapa bakarnya, itu disajikan dingin atau panas?" Hahaha dia tergelak. Namanya saja kelapa bakar, ya hangat dong.

Es krim goreng saja rupanya disajikan dingin, jadi pertanyaanku tak salah untuk memastikan. Disebut kelapa bakar karena sebuah kelapa muda utuh dibakar di dalam bara arang hingga matang. Eh aku sendiri tidak tahu definisinya matang itu seperti apa, soalnya kelapa muda alias degan sendiri kan sebenarnya sudah bisa disantap sejak wadahnya dibuka.

Harum sangit pun merebak di udara. Kedai degan malam ini agak sepi mungkin karena sudah malam. Hanya ada kami berdua. Kami menunggu pesanan kelapa bakar dengan sabar. Diperkirakan pesanan kami baru matang limabelas menit kemudian.

Dari spanduk di kedai mungil ini tertera khasiat kelapa bakar. Kelapa bakar ini konon bermanfaat untuk menghilangkan pegal linu, masuk angin, gatal dan alergi, mengobati diabetes, kencing batu, batu ginjal, serta sebagai vitalitas. Wah kok bisa banyak khasiatnya ya pikirku?

Dicampur aneka rempah (dokpri)

Setelah kulitnya bersih dari yang awalnya bersabut hitam maka air degan yang hangat dicampur dengan aneka rempah-rempah. Ada lada, jahe merah, beras kencur, dan madu. Wow. Tambahan rempah-rempah itu yang membuat kelapa muda makin berkhasiat. Tapi jika pengunjung memilih original maka tidak ada tambahan apapun.

Penampakan air kelapa muda jadi kekuningan. Aku tak sabar mencobanya. Wah sesendok daging kelapa muda dengan air kelapa muda yang mengandung rempah-rempah memang bikin tenggorokan langsung hangat. Kehangatan ini mengalir ke badan. Lumayan membantu badan yang sedikit meriang gara-gara akhir-akhir ini sering kehujanan.

Isinya seperti apa ya? (Dokpri)

Airnya berwarna kekuningan dengan tambahan rempah-rempah (dokpri)

Kedai kelapa bakar ini salah satunya ada di Kalisari 3, dekat dengan GOR Kalisari. Kedainya buka jam 17.00-22.00 WIB. Harga kelapa bakar untuk original Rp 15 ribu dan yang plus rempah-rempah itu Rp 20rb/kelapa utuh.

Satu porsi kelapa bakar utuh rupanya begitu mengenyangkan, apalagi aku habis makan malam. Aku tak bisa menghabiskannya dan membungkusnya untuk kulanjutkan menyeruputnya nanti di rumah.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline