Jurnal Refleksi Dwi Mingguan Modul 1.2
Peristiwa
Pembelajaran pada modul 1.2 dimulai dengan alur aktivitas pada tanggal 8 dan 9 November yaitu eksplorasi konsep, saya mempelajari konsep dasar dari modul 1.2 Kemudian pada tanggal 11 November 2022 kita bertemu virtual di ruang kolaborasi. Diskusi kelompok secara virtual dilanjutkan dengan mengunggah hasil diskusi pada forum ruang kolaborasi sesi presentasi pada tanggal 14 November 2022 tahap akhir dari diskusi kelompok adalah unggah tugas diskusi kelompok di LMS. Kemudian pada tanggal 15 dan 16 November 2022 saya mengerjakan demonstrasi kontekstual.
Momen yang paling mencerahkan bagi saya pada saat saya mempelajari modul 1.2 adalah ketika kita melakukan diskusi virtual mengenai nilai dan peran guru penggerak, dimana kita bisa saling berdiskusi, tukar pendapat, sehingga terbentuk pemahaman-pemahaman baru yang sangat menarik.
Perasaan
Yang saya rasakan ketika saya mempelajari modul ini pada saat eksplorasi konsep dipikiran saya materi yang begitu banyak membuat saya sulit memahami. Perlu beberapa kali saya membaca untuk mendapatkan pemahaman yang saya inginkan. Setelah mempelajari modul 1.2, saya menyadari bahwa peran dan nilai seorang guru penggerak sangatlah kompleks, guru diharapkan tidak hanya menggugugurkan kewajiban dengan mengajar, namun guru diharapkan mampu untuk menjadi pemimpin pembelajaran, menggerakkan komunitas praktisi, menjadi coach bagi guru lain, mendorong kolaborasi antar guru, dan mendorong kepemimpinan peserta didik.
Pembelajaran
Pada modul 1.2 saya mendapat banyak pengetahuan baru yang saya belum tahu sebelumnya, diantaranya yaitu:
a.Mengetahui bagaimana otak manusia bekerja, bahwa manusia dikaruniaotak yang dapat berpikir cepat dan berfikir lambat. Sebagai seorang pendidik, kita dianjurkan untuk memiliki pemikiran mendalam untuk mengambil suatu keputusan, tidak boleh tergesa-gesa. Harus dengan pemikiran yang benar-benar matang.
b.Mempelajari 5 kebutuhan dasar manusia, yaitu kasih saying dan rasa diterima, kekuasaan, kesenangan, kebebasan dan bertahan hidup. Dimana lima kebutuhan dasar manusia ini sangat mempengaruhi keberlangsungan hidup manusia.
c.Materi selanjutnya adalah tahap perkembangan manusia secara psikososial menurut erik erikson, dengan mempelajari ini diharapkan kita sebagai pendidik mampu mengenali psikososial di setiap tahap perkembangan siswa.