Best Practice - Parktik Pembelajaran (PPG Daljab) Layanan Bimbingan Klasikal dengan Teknik Problem Based Learning (PBL) pada Siswa Kelas XI Agrobisnis Ternak Unggas SMKN 1 Kalibagor
Tujuan umum yang ingin dicapai adalah Peserta didik mampu mengatur waktu secara efektif dan efisien dalam kehidupan sehari-hari sdangkan Tujuan khusus yang ingin dicapai adalah Peserta didik mampu menguraikan pengertian manajemen waktu (C4), Peserta didik dapat memilih beberapa skala prioritas dalam mengatur waktu (A2), Peserta didik dapat merancang kegiatan sehari-hari yang efektif (P2), Peserta didik mampu menerapkan manajemen waktu dalam kehidupan sehari-hari (P5).
Latar belakang permasalahan adalah dari Hasil pengamatan yang dilakukan oleh penulis ketika pada pagi hari sebelum pelajaran dimulai atau pada saat istrahat, masih ditemukan peserta didik yang mengerjakan tugas rumah (PR) di sekolahan. Serta peserta didik ketika ditanya, mengapa mengerjakan tugas rumah (PR) di sekolah? Peserta didik tersebut menjawab dengan tenang dan tidak merasa bersalah.
Ditambah dengan peserta didik tidak memiliki catatan tugas yang harus dikerjakan sesuai deadline. Sehingga peserta didik sering terlambat mengumpulkan tugas atau harus ditagih terlebih dahulu oleh guru yang bersangkutan, dan baru mengerjakan tugas.
Berdasarkan latarbelakang masalah diatas, akar penyebab masalah yang muncul adalah peserta didik belum mampu mengatur waktu dalam berkegiatan yang berkaitan dengan pembelajaran dan diluar pembelajaran. Sehingga penulis melakukan analisis terhadap akar penyebab masalah melalui Angket kebutuhan peserta didik untuk kelas XI ATU yang menjadi kelas bimibingan penulis. Hasilnya ditemukan 66% peserta didik tidak bisa mengatur waktu. Dari hasil AKPD diatas dan kajian literatur, akhirnya penulis memilih layanan bimbingan klasil dengan tema/ topik manajemen waktu.
Mengapa praktik ini penting
Pada usia remaja peserta didik sudah harus memiliki pemahaman mengenai pentingnya manajemen waktu dan dapat merancang waktu sehari-hari dengan begitu kegitan yang dilakukan akan lebih terstuktur.
Yang menjadi peran dan tanggung jawab anda dalam praktik ini adalah
Peranan saya dalam praktik ini sebagai guru bimbingan dan konseling yang bertanggung jawab untuk melakukan proses layanan bimbingan klasikal yang efektif dengan teknik yang tepat sehingga peserta didik mampu mancapai tujuan layanan sesuai apa yang diinginkan.
Tantangan untuk mencapai tujuan adalah :
- Pada ujian komprehensif ini penulis harus melakukan beberapa revisi terhadap tujuan dan penulisan pada RPL.
- Penulis mengalami kesulitan dalam memilih peserta didik dikarnakan semua peserta didik sedang mengikuti clasmeeting
- Penulis kesulitan dalam mencari ruang kelas untuk melakukan kegiatan PPL
- Perekam vidio dilakukan oleh peserta didik sehingga kurang maksimal
- Dalam mengedit vidio penulis mengalami kesulitan dalam memilih tahap-tahap mana yang akan dimasukan dalam vidio editing, karna durasi hanya 15 menit.
Pihak Yang Terlibat :
- Kepala Sekolah yang sudah memberikan ijin melakukan kegiatan PPL
- Wali Kelas yang sudah memberikan waktu dan kelasnya untuk penulis gunakan
- Kepala Tata Usaha yang sudah memberikan tempat untuk kegiatan PPL
- Dosen pembimbing dan Guru pamong yang sudah membimbing dan memberi masukan kepada penulis Peserta didik kelas XI ATU 1