Lihat ke Halaman Asli

DEWIYATINI

freelance writer

Mengenang Es Goyang: Jajanan Jadul di Sekolah yang Makin Langka

Diperbarui: 31 Mei 2024   18:38

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

dok. pribadi/Dewi Yatini

Rumah dekat dengan sekolahan, apalagi sekolah dasar (SD) artinya jajanan melimpah. Jajanan yang harga paling mahal cuma lima ribu rupiah, berjajar dari pagi sampai siang.

Salah satu jajanan yang mengingatkan pada masa kecil adalah es goyang. Tahu kan, apa itu es goyang?

Saya masih ingat betul masa kecil di mana saya dan teman-teman sering berkumpul di sekitar gerobak es goyang, menikmati proses pembuatan es yang begitu menarik. Es goyang, jajanan jalanan tradisional Indonesia, memiliki daya tarik tersendiri yang kini semakin langka kita temui. 

Di tengah banyaknya pilihan es krim modern yang lebih menarik dan beragam, es goyang kini seolah tenggelam.

Es goyang dikenal sebagai jajanan khas dari Bandung yang mulai populer di Jakarta pada era 80-90an. Bahkan, jajanan ini sempat merambah ke berbagai kota lain di Indonesia. 

Meski dulunya sangat digemari, kini pamor es goyang kalah saing dengan es krim kemasan modern yang lebih praktis dan variatif. Namun, masih ada pedagang setia yang menjajakan es goyang terutama di tempat wisata atau dekat sekolah, meski jumlahnya semakin sedikit.

Di tempat saya tinggal, dulunya ada enam penjual es goyang. Saat ini hanya tersisa dua orang yang berkeliling dari satu sekolah ke sekolah lainnya. 

Keunikan es goyang terletak pada proses pembuatannya yang bisa kita lihat langsung. Es ini dibuat dari campuran santan, gula, tepung hunkwe (yang terbuat dari kacang hijau yang dihaluskan), dan perasa makanan. Proses pembuatannya cukup sederhana namun menarik. Campuran bahan dimasukkan ke dalam cetakan kotak yang ada di dalam gerobak, lalu diberi lidi bambu sebagai pegangan.

Setelah itu, gerobak digoyang-goyang hingga esnya mengeras. Inilah yang memberi nama "es goyang." Di bagian bawah gerobak, terdapat es batu dan garam dapur yang berfungsi untuk membantu es mengeras. 

Garam ini bukan garam sembarangan, melainkan garam dapur dengan bulir-bulir keras. Tanpa garam, es tidak akan bisa mengeras dengan baik.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline