Lihat ke Halaman Asli

Masa Depan Cerah Ksatria Laskar Menyongsong Society 5.0

Diperbarui: 25 Agustus 2022   21:01

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Mahasiswa Harus Siap Menghadapi Tantangan di Era Society 5.0

Pada saat ini perkembangan teknologi sudah semakin pesat yang dimana teknologi tidak hanya sebagai sebuah alat bantu bagi manusia melainkan sebuah kebutuhan yang sangat berpengaruh dalam keberlangsungan hidup. Yang dimana dengan adanya teknologi dapat mempermudah dan mempercepat segala hal. 

Salah satunya yang terjadi pada keadaan saat ini yang dimana kita sudah memasuki era society 5.0. Di era tersebut juga memiliki dampak yang besar untuk keberlangsungan hidup. 

Adapun maksud dari Era Society 5.0 adalah sebuah langkah atau pergerakan yang didalamnya terdapat kemajuan yang di kendalikan oleh manusia yang salah satunya adalah teknologi. Di mana pada era sekarang ini terdapat manusia yang sangat memiliki peran aktif dalam mengendalikan dan mengembangkan teknologi itu sendiri. 

Namun dengan semakin berkembangnya teknologi yang dikendalikan oleh manusia tersebut semakin bertambah juga dampak-dampak yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari. 

Tidak hanya dampak positif saja yang dirasakan melainkan juga terdapat banyak dampak negatifnya didalamnya. Untuk dampak positifnya banyak sekali membantu manusia dalam kehidupan pekerjaan seperti di pabrik yang menggunakna mesin robot untuk membuat biay produksi lebih hemat. 

Tetapi dari dampak positif yang ditimbulkan ada juga dampak negatifnya salah satu contoh dari dampak negatif akan hal tersebut adalah rendahnya  sumber daya manusia yang dimana adanya otomatisasi dalam lapangan pekerjaan. 

Oleh karena itu dengan keterbatasan tersebut akan memperlambat keberlangsungan hidup sehingga SDM kurang dapat terserap dedngan baik.

Oleh karena itu dari persitiwa yang sedang terjadi sekarang di Era Society 5.0 kita sebagai mahasiswa harus dapat berpikir kritis dalam menghadapi perkembangan ini. 

Maka dari itu sebagai mahasiswa  seharusnya dapat kita harus jeli, berpikiran kritis serta berperan aktif dalam hal tersebut agar kita bisa melihat mana dampak positif dan negative yang harus di lakukan. 

Selain itu agar kita tidak tertinggal wajibnya harus mengikuti perkembangan yang ada guna untuk memajukan Indonesia yang lebih baik lagi dimata dunia.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline