Wonosobo, 19 Mei 2020. Kegiatan Webinar Digital Marketing kolaborasi antara PPKH Kabupaten Wonosobo dengan Gapura Digital kali ini memberikan materi terkait Strategi Pembuatan Konten dan Copywriting. Kegiatan ini diikuti oleh 93 peserta SDM PKH yang diibagi dua sesi. Moderator dan narasumber difasilitasi oleh Gapura Digital, yaitu Fery dan Fuad Fauzi.
Fuad Fauzi sebagai narasumber menjelaskan bahwa Konten Marketing dengan Copywriting merupakan dua hal yang berbeda. Konten Marketing cenderung fokus kepada edukasi pasar yg menonjolkan suatu produk saja atau hanya sebatas mengenalkan produk kepada pelanggan, singkatnya pelanggan hanya cukup tahu. Sedangkan copywriting menonjolkan produk dan terjadinya pembelian suatu produk atau dikenal dengan istilah "call to action/beli sekarang".
Ada beberapa langkah dalam strategi pembuatan konten antara lain perencanaan, pembuatan, dan manajerial. perencanaan menitikberatkan pada pemetaan produk/memahami audiens, pembuatan google kalender untuk mengupload produk, serta google circle. Tren topik apa yang akan diunggah sudah masuk dalam pembuatan konten atau bisa juga dengan menggunakan metode ATM (Amati, Tiru, Modifikasi). Manajerial konten lebih mengarah pada kegiatan promosi serta efektivitas sebuah konten yang diunggah dan dapat dilihat baik melalui like ataupun komen terhadap produk. [DPS]
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H