Lihat ke Halaman Asli

Dewandi Sudrajat

Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang

Kegiatan PMM Bhaktiku Negeri oleh Mahasiswa UMM dalam Pemajuan UMKM Desa Kidal

Diperbarui: 30 Maret 2023   12:20

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dok. pribadi

Kegiatan Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa (PMM) menjadi wadah bagi para mahasiswa menyalurkan berbagai macam kegiatan positif pada  masyarakat. PMM sendiri bertujuan untuk mengaplikasikan Hilirisasi hasil penelitian Universitas Muhammadiyah Malang (UMM). Salah satunya yang dilakukan oleh kelompok 9 gelombang 1 pada hari Senin, 20 Maret 2023. Dengan beranggotakan Dewandi Sudrajat, Tutur Wijaksono, Moch. Dinung Ikhsanul A., Rehan Setya, dan Dhito Abimanyu yang berasal dari prodi Manajemen

Masyarakat di Desa Kidal Kecamatan Tumpang memiliki berbagai macam profesi salah satunya UMKM. Ternyata masyarakat di desa Kidal memiliki UMKM yang menurut kami sudah cukup baik dan menarik tetapi belum terekspos. Melihat potensi masyarakat Desa Kidal yang sudah maju tetapi belum terekspos kami sebagai mahasiswa PMM UMM tergerak dalam memberikan bantuan dalam pengembangan UMKM yang ada di Desa Kidal Kecamatan Tumpang.

Salah satu UMKM yang menarik yakni Keripik Nangka dimana UMKM tersebut selalu berinovasi dengan memberikan varian rasa-rasa pada opak gambir seperti wijen, coklat, vanilla, serta mengubah bentuk-bentuk kemasan pada tiap produksi baru.

Dok. pribadi

Pengusaha Keripik nangka ini juga sudah memiliki kurang lebih 30 karyawan dari warga setempat dalam proses produksi. Pesanan Keripik Nangka ini akan naik apabila menjelang musim hajatan/nikah dimana masyarakat memiliki tradisi dengan memberikan souvenir atau buah tangan Keripik Nangka pada tamu undangan di daerah setempat. Hal ini menjadi ladang usaha bagi pengusaha Keripik Nangka. Selain itu buah Nagka hasil perkebunan di desa ini juga di ambil agen dengan di jual kiloan dan akan dipack lagi di pasaran. Selain Keripik Nangka di Desa Jambangan ada juga UMKM keripik buah lainnya dimana produk yang dikeluarkan dan penjulan masih tidak jauh beda dengan Keripik Nangka. Oleh karena itu, kami mahasiswa PMM dari UMM membantu dalam proses penjualan UMKM masyarakat Desa Kidal melalui Pemanfaatan Platform Digital yang memudahkan dalam proses penjualan dan branding di zaman yang modern ini.

Dok. pribadi

Kami bekerja sama dengan karang taruna Desa Kidal dalam pengembangan E-marketing UMKM  dengan memberikan penyuluhan kepada para UMKM yang ada di Desa Kidal dalam proses penjualan melalui e-marketing. Hal ini juga memberikan pengetahuan kepada karang taruna Desa Kidal sebagai generasi milenial yang akan membantu dalam kemajuan desa setempat. Selain itu mahasiswa PMM UMM juga membuatkan akun shopee dan menunjukkan fitur-fitur yang ada di shopee, kemudian membuatkan template di shopee, serta membuatkan deskripsi produk. Di proker lain kami juga memberikan desain logo UMKM, memberbarui packaging dari beberapa UMKM. Memang proker yang kami munculkan dalam kegiatan PMM  di desa Jambangan masih memiliki keterkaiatan. Hal ini merupakan salah satu tujuan kami dalam membantu sektor perekonomian warga Desa Kidal.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline