Lihat ke Halaman Asli

DEY

PENULIS

Anggaran Pembiayaan pada suatu Hotel

Diperbarui: 6 April 2024   14:50

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

{@DEVYNOVITASARI}/Tabel Anggaran dan Realisasi

Apa sih yang kalian ketahui tentang penganggaran ?

Anggaran merupakan rencana operasional perusahaan yang memuat berbagai kegiatan operasional yang saling berkaitan dan saling mempengaruhi sebagai pedoman untuk mencapai maksud dan tujuan organisasi. Anggaran biasanya disiapkan secara tertulis. Selain itu, penganggaran sering juga disebut dengan perencanaan dan pengendalian kinerja, yaitu suatu proses yang bertujuan untuk membantu manajemen merencanakan dan mengendalikan secara efektif Prawironegoro dan Purwanti (2008). 

Anggaran disiapkan dengan mempertimbangkan ketidakpastian dan kemudian dilaksanakan. Selain itu anggaran mempunyai fungsi pengendalian (budget control), yaitu rencana-rencana yang disajikan dalam anggaran dibandingkan dengan kenyataan. 

Proses ini dimulai setelah tahap perencanaan selesai, ketika biaya aktual yang dikeluarkan telah diketahui dan jika varians anggaran signifikan, manajemen dapat mengambil langkah-langkah yang diperlukan untuk segera memperbaiki varians anggaran tersebut. panduan bagi semua pihak yang terlibat dalam bisnis dan juga dapat digunakan sebagai acuan item anggaran yang biasa ditemukan di hotel. Jadi apabila anggaran tersebut dapat dimanfaatkan dengan baik maka diharapkan tujuan dari pihak hotel dapat tercapai.

A. Faktor-Faktor yang perlu diperhatikan dalam proses penyusunan penganggaran pada Perhotelan

Ada beberapa aspek yang perlu dipertimbangkan ketika menyusun anggaran. Kegagalan anggaran internal disebabkan oleh berbagai faktor eksternal dan internal dalam proses penganggaran. Oleh karena itu, faktor eksternal dan internal yang relevan harus dipertimbangkan dalam proses penganggaran. Beberapa aspek yang terkait dengan penyusunan anggaran 2014-2016 antara lain, misalnya.

1. Faktor internal

Pelaksanaan usaha pada semester pertama tahun berjalan Salah satu faktor yang harus diperhatikan dalam penyusunan anggaran adalah pelaksanaan usaha pada semester pertama tahun berjalan. Faktor ini ditentukan karena dalam penyusunan anggaran dianalisis terlebih dahulu realisasi semester sebelumnya, apakah bertambah atau berkurang dengan mengorbankan dana anggaran. Menambah atau mengurangi selisih anggaran dan realisasi menjadi patokan penganggaran periode berikutnya.

2. Faktor Eksternal

- Pertumbuhan PDB (produk domestik bruto)

Pertumbuhan PDB ini menunjukkan pertumbuhan perekonomian nasional khususnya pada sektor perhotelan. Jadi jika pertumbuhan ekonomi cepat maka akan mempengaruhi besar kecilnya pendapatan anggaran tahun 2014-2016.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline