Lihat ke Halaman Asli

Potensi Wisata Air Terjun Oehala dan Produk Minyak Kelapa, Tamanu Oil serta Minyak Kemiri dari Desa Oel'Ekam

Diperbarui: 25 Desember 2021   19:32

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

dok.pri

Kecamatan Mollo Tengah memiliki luas 99,69 km2  dengan jumlah penduduk pada tahun 2019 sebanyak 7574 jiwa. Kecamatan Mollo Tengah juga merupakan salah satu kecamatan penghasil pertanian seperti (Bawang Merah, Bawang Putih, Kentang, Sayur-sayuran, Jagung dan sebagainya) yang cukup tinggi. Desa Oel'Ekam merupakan salah satu desa yang terletak pada kecamatan Mollo Tengah kabupaten Timor Tengah Selatan provinsi Nusa Tenggara Timur, yang memiliki dua (2) dusun yaitu dusun satu (1) dan dusun dua (2). Dusun satu terdiri dari 8 RT (RT 1-8) dan dusun dua terdiri dari 9 RT (RT 9-17). Jarak desa Oel'Ekam ke ibukota kabupaten yaitu Kota SoE adalah sejauh 13 km. Desa ini memiliki potensi pariwisata dan pertanian yang cukup baik. Salah satu mata pencaharian warga desa Oel'Ekam yaitu dalam sektor pertanian, sehingga banyak didapati kelompok-kelompok tani pada desa Oel'Ekam.

Desa Oel'Ekam memiliki beberapa potensi diantaranya adalah potensi wisata yaitu Air Terjuan Oehala dan potensi produk berupa minyak kelapa (VCO), minyak nyamplung dan minyak kemiri. Air Terjun Oehala terletak pada dusun dua (2) Desa Oel'Ekam atau masyarakat sekitar menamakan dusun ini dengan nama dusun oehala. Aliran air Air Terjun Oehala ini berasal dari Gunung Mutis, Gunung Mutis adalah salah satu gunung yang terdapat di Pulau Timor yang memiliki ketinggian 2.458 mdpl dan menjadi gunung tertinggi di wilayah Timor Barat (Indonesia). Nama Oehala sendiri diambil dari bahasa Timor, yaitu dari kata Oe, yang berarti air dan kata Hala, yang berarti tempat tidur.

Jadi, Oehala adalah air yang berbentuk seperti tempat tidur, dilihat dari tempat jatuhnya air yang mengalir. Air Terjun Oehala juga sering dikenal dengan sebutan air terjun tujuh tingkat, yang pada akhirnya bermuara ke Samudera Hindia. Tiap undakan tujuh tingkat memiliki bentuk seperti kolam kecil yang dangkal berisi air jernih yang mengalir. Kolam ini biasanya digunakan pengunjung untuk menceburkan diri, menikmati sejuknya air terjun Oehala.

Desa Oel'Ekam juga mempunyai hasil produk olahan berupa minyak kelapa (VCO), minyak nyamplung dan minyak kemiri. Minyak kelapa murni (virgin coconut oil/VCO) merupakan salah satu olahan dari kelapa yang banyak digunakan dalam industri farmasi, kosmetika, susu formula, maupun sebagai minyak goreng mutu tinggi. VCO mempunyai banyak manfaat terutama dalam bidang kesehatan diantaranya merupakan anti bakteri, menjaga kesehatan jantung, membantu mencegah penyakit osteoporosis, diabetes, lever, serta dapat menurunkan berat badan, dan memelihara kesehatan kulit. Minyak kemiri berasal dari tumbuhan yang bernama Aleurites moluccana. Tumbuhan ini diambil bijinya untuk dimanfaatkan menjadi minyak dan jadilah minyak kemiri. Minyak kemiri sudah sejak lama dimanfaatkan untuk kesehatan rambut dan juga kulit. Minyak nyamplung merupakan minyak yang berasal dari tumbuhan/tanaman nyamplung yang kandungannya memiliki fungsi yang bagus untuk menjaga serta mengatasi masalah yang ada pada kulit dan menjaga kesehatan kulit.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline