Lihat ke Halaman Asli

DEVY INTANPUJIAWATI

Guru, Tutor, Dosen, dan Praktisi Pendidikan Anak Usia Dini

Refleksi PPL Siklus 4 dalam Meningkatkan Kemampuan Anak Ketika Menunjukkan Aktivitas yang Bersifat Eksploratif dan Menyelidik

Diperbarui: 10 Desember 2022   15:03

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokpri

REFLEKSI PPL SIKLUS 4

MENINGKATKAN KEMAMPUAN ANAK DALAM MENUNJUKKAN AKTIVITAS YANG BERSIFAT EKSPLORATIF DAN MENYELIDIK PADA ANAK KELOMPOK B MELALUI METODE EKSPERIMEN "TISU PELANGI"

PENDAHULUAN

Latar Belakang

 

Berdasarkan pengamatan di TK Handayani Plaosan kelompok B (usia 5-6 tahun), terdapat 10 dari 17 anak belum menunjukkan aktivitas yang bersifat eksploratif dan menyelidik, diantaranya anak kurang mampu mengenal kegiatan sains, seperti mengapa air dapat mengalir,  mengenal apa itu udara, serta mengenal apa itu pelangi. Salah satu penyebabnya adalah penggunaan metode pembelajaran yang kurang tepat, dan kegiatan yang dilaksanakan masih berupa penugasan pada Lembar Kerja Anak (LKA) sehingga anak tidak belajar langsung melalui benda konkret. Ketika pembelajaran berlangsung anak-anak kurang paham dalam menunjukkan aktivitas yang bersifat eksploratif dan menyelidik. Anak-anak merasa bosan dengan metode yang di berikan oleh guru untuk menunjukkan aktivitas yang bersifat eksploratif dan menyelidik. Hal ini dapat dilihat ketika anak belum mengerti apa warna yang ada dalam pelangi dan bagaimana pelangi dapat muncul.

Oleh karena itu guru diharapkan mampu mengatasi kesulitan tersebut dan melakukan upaya untuk meningkatkan kemampuan anak dalam menunjukkan aktivitas yang bersifat eksploratif dan menyelidik melalui metode eksperimen "Tisu Pelangi" dan media yang lebih bervariasi.

Tujuan

Tujuan dari penyusunan RTL ini adalah untuk membentuk dan meningkatkan kompetensi guru dalam bidang kompetensi pedagogik, profesional, kepribadian, sosial dan teknologi, diantaranya:

Menyusun perangkat pembelajaran yang menarik minat belajar anak.

Memahami tata cara pengambilan video dan mengedit video secara sederhana.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline