Lihat ke Halaman Asli

KKN UM Putat Lor 2021

Mahasiswa KKN UM Putat Lor

Antusiasme Siswa SDN Putat Lor 1 dalam Belajar Bahasa Inggris bersama Mahasiswa KKN UM

Diperbarui: 15 Juli 2021   00:34

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Gambar 1. Siswa maju untuk memperagakan perkenalan antar teman didampingi oleh Mahasiswa KKN UM.

Mahasiswa KKN UM melanjutkan program kerja Weekend Semangat yang telah dilaksanakan sejak tanggal 26 Juni 2021 di SDN Putat Lor 1. Dimana program ini dilaksanakan selama 3 minggu.

Namun pada hari sabtu diminggu kedua ini, kegiatan yang dilakukan oleh mahasiswa KKN UM dalam melaksanakan weekend semangat adalah dengan belajar Bahasa inggris. Dimana pembelajaran tersebut dipandu oleh mahasiswa KKN yaitu Kak Fathiyah dan Kak Rizal.

Pembelajaran Bahasa inggris ini berisi tentang pengenalan salam, dimana didalamnya terdapat beberapa kata yang biasanya digunakan dalam perkenalan seperti "good morning" hingga "what is your name?". Tak lupa juga para siswa diajak bernyanyi lagu Bahasa inggris anak yang berjudul "Twinkle-twinkle little star". Dimana lagu tersebut merupakan lagu yang memiliki lirik mudah dihafal bagi anak seusia SD.

Pemilihan mata pelajaran Bahasa inggris di kegiatan ini adalah dikarenakan Bahasa inggris merupakan salah satu Bahasa internasional didunia, sehingga perlu untuk mengajarkan Bahasa inggris tersebut kepada anak usia dini terutama siswa di SDN Putat Lor 1 supaya nantinya mereka dapat menguasai Bahasa inggris tersebut.

Selama kegiatan pembelajaran berlangsung, siswa sangat antusias dalam memperagakan hal tersebut. keantusiasan siswa dapat dilihat dari siswa yang bersemangat maju untuk melakukan perkenalan kepada sesama siswa. Sehingga siswa menjadi lebih aktif dan berani.

Kemudian weekend semangat yang dilaksanakan pada hari kedua, siswa diajak untuk melakukan outbound. Kegiatan ini dilaksanakan di halaman SDN Putat Lor 1. Sama seperti hari hari sebelumnya, antusiasme siswa sangat tinggi, apalagi dalam outbound ini terdapat beberapa permainan yang menarik.

Gambar 2. Siswa memindahkan air kedalam botol.

Permainan pertama dalah memasukkan paku ke dalam botol. Dalam permainan ini, siswa secara berkelompok 4-5 orang, dimana setiap kelompok mencoba untuk memasukkan paku ke dalam botol. 

Gambar 3. Pembagian hadiah kepada kelompok siswa yang berhasil memenangkan game dalam outbond.

Yang kedua adalah tebak gambar. Disini, satu siswa bertugas sebagi pemberi petunjuk tentang gambar apa yang ditunjukkan oleh mahasiswa KKN. Sedangkan teman teman satu kelompoknya mencoba menebak sesuai dengan petunjuk yang diberikan.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline