Lihat ke Halaman Asli

Kenali Lebih dalam Profesi Wartawan!

Diperbarui: 16 Mei 2024   22:55

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

dokpri

Wartawan, profesi yang sudah sangat familiar. Apakah sudah kenal lebih dalam profesi yang satu ini? disini saya akan menjelaskan lebih rinci profesi wartawan. 

Wartawan merupakan seseorang yang ditugaskan untuk meliput, menulis, dan menyebarluaskan berita dan informasi kepada khalayak luas melalu berbagai media. Seperti radio, televisi, surat kabar, majalah, dan platform digital. Wartawan adalah profesi yang sangat penting di masyarakat luas, dengan menyebarkan berita dan informasi yang akurat dan jelas sumbernya untuk membantu masyarakat dalam membuat keputusan dan pendapat penting lainnya. 

Hal ini, yang membuat wartawan atau jurnalis terikat dengan kaidah profesionalisme dalam menjalankkan tugasnya sebagai wartawan. Banyak sekali kewajiban serta tanggung jawab yang sangat harus di taati bila menjadi seorang wartawan. Tanggung jawab adalah eika dan integritas dalam menjadi wartawan, dimana wartawan harus mematuhi kode etik jurnalistik. Selain itu sikap wartawan sangat dianggap penting, mereka harus berperilaku adil, jujur, dan bertanggung jawab. 

Wartawan juga diharuskan menyampaikan berita dengan hati nurani tanpa paksaan dari pihak manapun, termasuk pemilik perusahaan tempat wartawan bekerja. Untuk menjadi wartawan tidak hanya perilaku yang dilihat, tetapi juga skill sangat penting untuk emnjadi wartawan. Seperti menulis, kemampuan penelitian, pemikiran kritis, keterampilan berkomunikasi dengan baik. Tanpa kemampuan ini wartawan tidak bisa memenuhi syarat menjadi wartawan profesional sesuai dengan kaidah dan kode etik jurnalistik. 




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline