Mahasiswa kelompok 42 yang beranggotakan Siti Mutiara Indah Swari, Divka Fauziah Putri, Farah Ghina Nisrina, Santi Kurnia, Vahni Reskia Azani, dan Devita Rizki Ramdani dari Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) melaksanakan kegiatan Pengenalan Lingkungan Persekolahan 2 (PLP 2) di SDN Susukan 03 PG, yang beralamatkan di Jl. Batu Tumbuh, RT.4/RW.6, Kramat Jati, Jakarta Timur dengan kode POS 13510.
Kegiatan PLP 2 ini dilaksanakan dari tanggal 2 Oktober 2024 hingga tanggal 4 Desember 2023. Pada hari pertama kami melaksanakan kegiatan PLP 2, kami bertemu langsung dengan kepala sekolah (Dra. Ermi Yuniarti, M.Pd) dan wakil kepala sekolah (Amelia, M.Si), serta guru pamong kami yaitu (Amelia, M.Si) SDN Mramat Jati 02. PLP 2 ini bertujuan sebagai bekal mahasiswa sebelum terjun langsung ke dunia persekolahan.
Selama kegiatan PLP 2 di SDN Kramat Jati 02, saya memperoleh pengalaman berharga yang membuka mata terhadap dunia pendidikan dasar. Sekolah Dasar (SD) menjadi landasan penting dalam pembentukan karakter anak-anak, dan pengalaman ini memberikan wawasan mendalam tentang dinamika proses belajar-mengajar di lingkungan tersebut.
1. Selayang Pandang Tentang SDN Kramat Jati 02
SDN Kramat Jati 02 terletak di tengah komunitas yang beragam. Sekolah ini menjadi tempat di mana siswa-siswa belajar, tumbuh, dan berinteraksi. Keberagaman budaya dan latar belakang siswa menciptakan lingkungan yang kaya akan nilai-nilai pluralisme.
2.Belajar Tantangan dan Kegembiraan dalam Proses Belajar
Proses belajar-mengajar di SDN Kramat Jati 02 tidak terlepas dari tantangan. Terbatasnya sumber daya dan fasilitas menjadi kendala, tetapi semangat guru dan siswa untuk belajar tetap membara. Melalui metode kreatif dan inovatif, para guru berusaha menjadikan pembelajaran lebih menarik dan mudah dipahami.
3. Peran kegiatan PLP 2 dalam Pengembangan Pendidikan
Kegiatan ini memberikan saya kesempatan untuk terlibat langsung dalam proses pendidikan. Mulai dari merencanakan dan menyampaikan materi hingga berinteraksi dengan siswa, saya merasakan tanggung jawab besar yang dimiliki oleh seorang guru. Hal ini memberikan pemahaman mendalam tentang tantangan dan kegembiraan dalam dunia pengajaran.
4. Hubungan Guru-Siswa dan Keterlibatan Orang Tua