Lihat ke Halaman Asli

Devita Azzahra

Mahasiswa aktif S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini FIP UNJ

Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) Dosen PG-PAUD FIP UNJ: Workshop Implementasi Kurikulum Merdeka dalam Pengembangan P5

Diperbarui: 8 Agustus 2024   23:16

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Flyer Kegiatan (Dokpri)

Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) Dosen PG-PAUD FIP UNJ: Workshop Implementasi Kurikulum Merdeka Dalam Pengembangan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) Bertema “Aku Sayang Bumi”, “Aku Cinta Indonesia”, “Kita Semua Bersaudara”, “Imajinasi dan Kreativitasku” Bagi Pendidik PAUD di Wilayah Kecamatan Jatibarang, Kabupaten Indramayu, Provinsi Jawa Barat

Diklat yang mengusung tema “Workshop: Implementasi Kurikulum Merdeka Dalam Pengembangan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) Bertema “Aku Sayang Bumi”, “Aku Cinta Indonesia”, “Kita Semua Bersaudara”, “Imajinasi dan Kreativitasku” Bagi Pendidik PAUD di Wilayah Kecamatan Jatibarang, Kabupaten Indramayu, Provinsi Jawa Barat” merupakan bentuk kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat yang diselenggarakan oleh Dosen Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PG-PAUD) Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Jakarta. Kegiatan ini ditujukan untuk mitra Prodi PG-PAUD UNJ, khususnya bagi pendidik anak usia dini atau guru di Taman Kanak-Kanak dan Satuan PAUD Sejenis yang berada di Wilayah Kecamatan Jatibarang, Kabupaten Indramayu, Provinsi Jawa Barat

Gambar Dosen bersama Mahasiswi PG PAUD FIP UNJ (Dokpri)

Kegiatan ini bertujuan untuk membantu meningkatkan kompetensi guru PAUD dalam merancang kegiatan Pengembangan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) Bertema “Aku Sayang Bumi”, “Aku Cinta Indonesia”, “Kita Semua Bersaudara”, “Imajinasi dan Kreativitasku” sebagai bagian dari implementasi kurikulum Merdeka yang dilakukan dalam bentuk workshop.

Rangkaian Workshop Implementasi Kurikulum Merdeka Dalam Pengembangan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) Bertema “Aku Sayang Bumi”, “Aku Cinta Indonesia”, “Kita Semua Bersaudara”, “Imajinasi dan Kreativitasku” Bagi Pendidik PAUD di Wilayah Kecamatan Jatibarang, Kabupaten Indramayu, Provinsi Jawa Barat diselenggarakan secara luring atau tatap muka langsung antara narasumber, fasilitator, dan peserta diklat yang dilaksanakan selama dua hari yaitu pada tanggal 8-9 Juli 2024 di Kantor Kuwu Bulak, Kecamatan Jatibarang. 

Pada hari pertama, di tanggal 8 Juli 2024 diawali dengan pemberian materi oleh Dosen PG-PAUD FIP UNJ yaitu Dr, Sri Wulan, M.Si mengenai Konsep Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) dalam Kurikulum Merdeka pada Tema Imajinasi dan Kreativitasku. Materi tersebut disampaikan melalui presentasi yang berisikan Pengertian Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila, Pengenalan 6 Dimensi dalam Profil Pelajar Pancasila, Kedudukan Profil Pelajar Pancasila Pada Satuan PAUD, Manfaat dari penerapan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila di PAUD, Prinsip-prinsip Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5), Miskonsepsi Penerapan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5), Alur Perencanaan  Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5), Pengenalan tema besar dalam Profil Pelajar Pancasila dalam satuan PAUD, Matriks Tema Kegiatan  Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5), serta Program-program Penerapan  Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5).

Gambar Pemaparan Materi Oleh Dosen (Dokpri)

Gambar Pemaparan Materi Oleh Dosen (Dokpri)

Pada sesi selanjutnya, terdapat pemberian materi oleh mahasiswi PG-PAUD FIP UNJ mengenai Pembedahan Tema “Aku Sayang Bumi”, “ Aku Cinta Indonesia”, “Kita Semua Bersaudara”, “Imajinasi dan Kreatifitasku”. Materi tersebut disampaikan melalui presentasi yang berisikan Pengertian, tujuan, contoh pemetaan, contoh sub tema dan sub-sub tema, tahapan kegiatan projek Mengenai Tema “Aku Sayang Bumi”, “ Aku Cinta Indonesia”, “Kita Semua Bersaudara”, “Imajinasi dan Kreatifitasku”.

Gambar Pemaparan Materi Oleh Mahasiswa (Dokpri)

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline