Lihat ke Halaman Asli

Devi Sintya

Mahasiswa

Sosialisasi Anti Narkoba Bagi Siswa SMPN 13 Malang Melalui Media Poster dan Infografis

Diperbarui: 24 November 2022   21:30

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dok Kelompok 1 PKN 21

Kelompok 1 Mata kuliah Pendidikan Kewarganegaraan G2 Universitas Negeri Malang menyelenggarakan kegiatan Sosialisasi Anti Narkoba Bagi Siswa SMPN 13 Malang pada Kamis, 17 November 2022.

Maraknya kasus penyalahgunaan narkoba terutama dikalangan pelajar akan merusak masa depan generasi muda. Penyalahgunaan narkoba dapat merusak mental dan syaraf siswa. Sehingga dapat berdampak kepada kualitas mental dan fisik. Hal ini dapat dilihat secara kasat mata baik itu perilaku maupun fisik bagi para penggunanya.

Mahasiswa Universitas Negeri Malang melaksanakan projek kewarganegaraan yang lebih difokuskan kepada siswa SMP kelas 8 mengenai sosialisasi anti narkoba di lingkungan sekolah. Adapun tujuan dari kegiatan ini adalah: 1). Membantu siswa-siswi agar menjauhi pergaulan bebas. 2). Membantu siswa dalam memahami penerapan anti narkoba dalam kehidupan sehari-hari, 3). Meningkatkan motivasi dan semangat siswa-siswi dalam mengikuti sosialisasi anti narkoba ini, 4). Memberikan kemudahan siswa-siswi dalam memahami materi pembelajaran menggunakan media belajar yang menarik dan interaktif.

Bentuk kegiatan sosialisasi ini dengan cara terjun langsung ke SMPN 13 MALANG yang mana membahas tentang gerakan anti narkoba,  agar nantinya para peserta didik dapat memahami dampak yang ditimbulkan dari penggunaan narkoba, baik dampak secara fisik, dampak psikis maupun dampak sosial. Untuk itu, melalui kegiatan sosialisasi bahaya penyalahgunaan narkoba diharapkan dapat membentengi generasi muda sebagai generasi penerus bangsa khususnya peserta didik di SMPN 13 MALANG dari bahaya penyalahgunaan narkoba, yang dimana untuk menunjang kegiatan ini infografis dan poster sebagai media pendukung dalam sosialisasi tersebut.

Dok Kelompok 1 PKN 21

TAHAPAN

1. Observasi

Sebelum memulai pelaksanaan edukasi tentang anti narkoba,  dilakukan observasi terlebih dahulu. Untuk mengetahui seberapa banyak peserta didik pada sekolah menengah pertama yang memahami mengenai bahaya penggunaan narkoba dalam kehidupan, yang merugikan diri sendiri dan orang disekitar. Setelah mengetahui hasil observasi, dalam pelaksanaan sosialisasi bisa memberikan solusi untuk masalah yang terjadi tersebut.

2. Pelaksanaan

Pada tahapan pelaksanaan  akan diberikan edukasi tentang anti narkoba dengan menggunakan media poster dan infografis. Diharapkan proses belajar dapat menarik bagi peserta didik. Dalam sosialisasi tersebut mahasiswa Universitas Negeri Malang mengajak siswa SMPN 13 Malang untuk menyuarakan gerakan pelajar Indonesia anti narkoba menggunakan poster.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline