Lihat ke Halaman Asli

Prospek Kerja Menarik Untuk Jurusan Ilmu Komunikasi

Diperbarui: 25 September 2024   17:51

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

  Jurusan Ilmu Komunikasi adalah studi yang mempelajari proses penyampaian pesan secara efektif dari komunikator (pemberi pesan) kepada komunikan (penerima pesan) melalui berbagai media. Jurusan ini belajar apa? Ilmu Komunikasi mempelajari komunikasi dalam berbagai tingkatan, mulai dari individu, media, periklanan/publisitas, komunikasi interkultural, hingga komunikasi media sosial.
  Jurusan ilmu komunikasi menawarkan prospek kerja yang cukup luas karena keterampilan yang dipelajari sangat relevan dengan berbagai industri. Apa saja prospek kerja dari jurusan ini? Simak pembahasan berikut.


1. Jurnalis/Reporter
  Reporter merupakan para spesialis yang bertugas untuk mencari berita dan mendeskripsikannya dalam media seperti koran, majalah, radio, atau televisi. Seorang reporter memberitakan informasi dalam bentuk tulisan untuk media cetak atau situs berita online, maupun secara lisan seperti yang disampaikan pada radio atau televisi.

2. Public Relations
  Public Relations atau hubungan masyarakat adalah para pekerja yang berfungsi sebagai penghubung antara masyarakat luas dengan instansi tertentu. Peran mereka cukup penting untuk menjaga kredibilitas dan reputasi perusahaan atau brand tertentu.
  Tugas utama adalah membangun citra positif perusahaan, organisasi, atau individu di mata publik. Umumnya, staff Public Relations akan berhubungan dengan banyak platform dan pihak, seperti meluncurkan pernyataan pers melalui media sosial atau TV.

3. Content Creator
  Content Creator bisa dilakukan dari lulusan manapun, tetapi seorang lulusan ilmu komunikasi mempunyai bekal lebih ketika menjadikan content creator sebagai prospek karier. Sebab, beberapa ilmunya tentu disampaikan di bangku perkuliahan.
  Content creator bisa bekerja diperusahaan atau bisa juga kerja sendiri. Beberapa skill yang harus dimiliki content creator :

* Video dan fotografi
* Menulis dan Story Telling
* Audio Editing
* SEO dan Strategi Konten
* Marketing

4. Marketing Communication
    Marketing Communication bertugas untuk mempromosikan produk dan jasa perusahaan, baik ke exciting customer ataupun menargetkan audiens baru.

  Selain itu, mereka juga bertugas untuk membangun dan menjaga hubungan baik dengan konsumen. Mereka mengelola strategi komunikasi pemasaran untuk membangun merk dan menarik konsumen melalui iklan, media sosial, dan promosi.

5. Advertiser
  Advertiser merupakan seseorang yang berprofesi sebagai pengiklan, yaitu mereka yang mengurusi semua masalah periklanan dalam sebuah perusahaan. Mereka adalah orang yang membuat konsep iklan sekaligus memastikan bahwa iklan tersebut berhasil menarik perhatian target pasar atau konsumen. Tugas mereka membuat konsep iklan, memantau iklan, dan evaluasi iklan.

6. Broadcasting/Penyiar
    Broadcasting merupakan proses penyiaran konten melalui media massa seperti media cetak, radio, televisi, atau platform digital. Tujuan umum dari broadcasting adalah untuk memberikan informasi kepada masyarakat misalnya dalam bentuk wawancara, program berita, pengumuman, atau perkiraan cuaca.

7. Corporate Communication
  Seorang Corporate Communication bertugas memastikan komunikasi internal (ke institusi perusahaan) dan pihak eksternal (stakeholder, klien, media, dan pemerintah) berjalan dengan baik.
  Untuk internal komunikasi, seorang corporate Communication bertanggung jawab untuk menentukan strategi komunikasi, seperti pengiriman memo dan newsletter perusahaan.
  Bentuk eksternal yang dilakukan oleh seorang corporate communication antara lain website perusahaan, menyebarkan pre release, hingga mengorganisir sebuah acara perusahaan yang melibatkan pihak ketiga.

8. Event Organizer
    Event Organizer adalah sebuah perusahaan/individu yang bertanggung jawab dalam merencanakan, mengatur, dan melaksanakan berbagai acara. Tugas utama seorang EO adalah mengkoordinasikan semua aspek yang terkait dengan acara, mulai dari pengorganisasian hingga pelaksanaan. EO biasanya bekerja dengan klien atau pihak yang mengadakan acara untuk memastikan bahwa semua kebutuhan dan harapan terpenuhi. Mereka berperan sebagai perencana acara, pengorganisasian, dan manajemen anggaran.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline