A. Pengertian Evaluasi Pembelajaran
Evaluasi pembelajaran adalah proses untuk menentukan nilai suatu objek tertentu berdasarkan kriteria, yang Dimana objeknya adalah hasil belajar siswa dan kriteriannya adalah ukuran (sedang, rendah, tinggi). Adapun tujuannya adalah untuk mengetahui Tingkat pemahaman siswa terhadap materi yang telah diberikan. Sedangkan fungsi evaluasi pembelajaran terdapat fungsi formatif dan juga fungsi sumatif.
B. Jenis-Jenis Evaluasi Pembelajaran
Sebagai suatu program, evalusi pembelajaran memiliki 5 jenis, yaitu :
1. Evaluasi Perencanaan dan Pengembangan
Hasil evaluasi ini sangat diperlukan untuk mendisain program pembelajaran. Sasaran utamanya adalah memberikan bantuan taha awal dalam penyusunan program pembelajaran. Persoalan yang disoroti menyangkut tentang kelayakan dan kebutuhan. Hasil evaluasi ini dapat meramalkan kemungkinan implementasi program dan tercapainya keberhasilan program pembelajaran. Pelaksanaan evaluasi dilakukan sebelum program sebenarnya disusun dan dikembangkan.
2. Evaluasi monitoring
Untuk memeriksa apakah program pembelajaran mencapai sasaran secara efektif dan apakah program pembelajaran terlaksana sebagaimana mestinya. Hasil evaluasi ini sangat baik untuk mengetahuikemungkinan pemborosan sumber- sumber dan waktu pelaksanaan pembelajaran, sehingga dapat dihindarkan.
3. Evaluasi dampak
Untuk mengetahui dampak yang ditimbulkan oleh suatu program pembelajaran. Dampak ini dapat diukur berdasarkan kriteria keberhasilan sebagai indikator ketercapaian tujuan program pembelajaran.
4. Evaluasi efisiensi-ekonomis