Lihat ke Halaman Asli

Devirly Ghafirawahyuni

Mahasiswa Universitas Negeri Malang

Good Experience : Berkembang dalam Kegiatan Asistensi Mengajar

Diperbarui: 23 Juni 2024   02:50

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber : Dokumentasi Pribadi

Asistensi Mengajar (AM) merupakan salah satu program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) yang dilakukan oleh mahasiswa dengan berkolaboratif bersama guru dan warga sekolah, bersama bimbingan dosen pembimbing lapangan dalam satuan pendidikan. Program ini dapat melatih mahasiswa calon guru untuk mengajar dan melakukan kegiatan yang dilakukan guru di dalam kelas. Selain itu, mahasiswa juga mendapatkan pengalaman dalam administrasi sekolah.

Kegiatan AM berlangsung selama 4 bulan, dimulai tanggal 19 Februari 2024 hingga 10 Juni 2024. Bertempat pada SMA Negeri 1 Bululawang yang terletak di Jl. Raya Bululawang No.17, Kec. Bululawang, Kabupaten Malang. Kegiatan ini diikuti oleh 15 mahasiswa dari tiga prodi pendidikan di Universitas Negeri Malang. Pengantaran mahasiswa dilakukan pada tanggal 19 Februari 2024 oleh perwakilan Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) dengan pihak sekolah. Pada minggu pertama, seluruh mahasiswa AM melakukan pengenalan, observasi dan persiapan perangkat pembelajaran oleh bimbingan dari guru pamong.

Selama kegiatan ini, saya diberikan kesempatan oleh guru pamong untuk mendampingi kegiatan pembelajaran biologi pada kelas X2. Banyak pengalaman yang saya dapatkan selama kegiatan di kelas, terutama saat mengajar. Hal ini tentu berbeda dengan praktik mengajar yang pernah saya lakukan pada perkuliahan. Kali ini saya berhadapan langsung dengan para siswa yang memiliki karakter serta kemampuan yang berbeda. Saya sebagai mahasiswa asistensi mengajar juga turut serta dalam melakukan bimbingan dan penilaian pada tugas proyek siswa. Tidak hanya di kelas, kegiatan juga dilakukan pada laboratorium biologi. Saya dan rekan program studi diberikan kesempatan dalam mempersiapkan alat dan bahan, serta pendampingan ujian praktik biologi kelas XII.

Selain kegiatan akademik, terdapat kegiatan lain seperti pelaksanaan program kerja, kontribusi dalam program dan acara sekolah, piket administrasi, dan publikasi. Program kerja asistensi mengajar yang terlaksana adalah Seminar Edukasi Pra-nikah, photo challenge sebagai rangkaian KARDARA (Kartini Day Celebration) yang berkolaborasi dengan OSIS, dan penyusunan website e-learning untuk mata pelajaran PJOK.

Mahasiswa AM juga mengikuti berbagai kegiatan sekolah seperti upacara dan apel rutin, upacara peringatan hari besar, kegiatan rutin hari Jumat, serta rangkaian kegiatan Pesantren Ramadhan. Selanjutnya, kegiatan piket administrasi meliputi piket resepsionis, tata usaha, tata tertib, dan perpustakaan yang dilakukan sesuai jadwal. Kegiatan publikasi yang dilakukan adalah berupa pengelolaan media sosial Instagram oleh Mahasiswa AM SMA Negeri 1 Bululawang, publikasi artikel pengalaman, artikel ilmiah, artikel pengabdian, dan video selama berlangsungnya kegiatan.

Kegiatan Asistensi Mengajar di satuan Pendidikan SMA Negeri 1 Bululawang secara resmi selesai pada tanggal 10 Juni 2024. Penjemputan dilakukan dari pihak sekolah dengan DPL untuk dikembalikan ke kampus.

Banyak sekali pengalaman yang saya dapatkan selama kegiatan AM berlangsung, seperti ketika merancang perangkat pembelajaran yang berinovasi, menciptakan pembelajaran yang efektif dan menyenangkan bagi siswa, mengondisikan kelas saat pembelajaran, kolaborasi antara tim asistensi mengajar, guru pamong, guru-guru lainnya, dan karyawan di sekolah. Saya menyadari bahwa masih banyak yang harus dibenahi dan dievaluasi selama berlangsungnya kegiatan ini. Semoga dengan adanya kegiatan ini dapat membawa kesan yang baik bagi SMA Negeri 1 Bululawang dan civitasnya, serta membawa manfaat bagi saya di masa mendatang untuk lebih berkembang.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline