Lihat ke Halaman Asli

Devi Pramita

Devi Pramita Ihsan

Hal yang Dibutuhkan dalam Pembentukan Masyarakat Madani

Diperbarui: 12 April 2020   23:31

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Masyarakat madani adalah masyarakat yang memiliki keinginan besar untuk berkembang utuh serta menyeluruh sehingga mampu membentuk masyarakat yang mengedepankan sikap toleransi serta moral yang beradab.  Menurut Nurcholish Madjid, kata "Madinah" berasal dari bahasa Arab "Madaniyah" yang berarti peradaban. Karena itu masyarakat madani berasosiasi pada masyarakat yang beradab.

Pastinya dalam mewujudkan masyarakat madani mengalami hambatan. Diantaranya yakni :
1. Kurangnya kesadaran individu dalam pembagian yang proporsional antara hak dan kewajiban,
2. Kualitas SDM yang belum memadai akibat pendidikan yang belum merata,
3. Pemutusan hubungan kerja (PHK) dalam jumlah yang besar,
4. Gampangnya berita hoax tersebar dimana-mana, dsb

Lalu apasaja yang dibutuhkan dalam pembentukan masyarakat madani? Hal ini sangat ampuh dilaksanakan melalui 4 nilai-nilai kehidupan, berikut pemaparannya:
1. Nilai Toleransi
Toleransi sendiri adalah sikap menghargai satu sama lain, entah dalam perbedaan agama, ras, suku, bahasa, pendapat, bahkan ide. Hal ini dilakukan agar tidak terjadinya kasus deskriminasi dan peperpecahan.
2. Nilai Keadilan Sosial
Keadilan sosial sendiri yakni merupakan perwujudan keselarasan dan keberimbangan dalam melakasanakan antara hak dan kewajiban anggota masyarakat. Dengan adanya keadilan sosial maka keberlangsungan kehidupan berjalan dengan semestinya dan pemikiran masyarakat yang dapat memilah dan memilih mana sekiranya yang baik dan buruk dan dapat diterapkan di dalam kehidupan sehari-hari.
3. Demokrasi
Demokrasi sendiri merupakan syarat mutlak dan harus ada, karena apa? Agar masyarakat memiliki sikap dan watak yang beradab, demokrasj sendiri juga merupakan sistem sosial politik yang bersumber dan dilaksanakan oleh warga negara.
4. Pluralisme
Pluralisme adalah penerimaan atau pengakuan masyarakat akan adanya keberagaman di dalam suatu masyarakat.
Di dalam pluralisme ini juga mengacu pada pancasila sila ke 3 yakni "Persatuan Indonesia". Dengan kata lain, pluralisme ini tak dapat dielakkan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Dengan nilai-nilai diatas ampuh untuk pembentukan masyarakat madani, dan ke empat nilai tersebut diimbangi dengan nilai-nilai agama, pancasila serta hukum yang berlaku tentunya. Dengan begini, suatu negara akan mampu membentuk sebuah masyarakat yang ahli dalam berbagai bidang namun memiliki pemikiran pancasila dan agamis tentunya.

Sekian dari saya mohon maaf atas kesalahan-kesalahan dalam penulisan "hal yang dibutuhkan dalam pembentukan masyarakat madani" ini. Kritik dan saran sangat dibutuhkan dalam kemajuan penulisan selanjutnya, sekian dan terimakasih. Stay at home ya, jaga kesehatan dan selalu sebarkan energi positif :)




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline