Lihat ke Halaman Asli

devinnn

Devin Nariswari

Keuntungan Menggunakan Akad Syariah dalam Bank Syariah

Diperbarui: 2 Juni 2021   07:46

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

gambar: goodnewsfromindonesia.id

Bank Syariah adalah bank yang sistemnya berdasarkan dengan prinsip-prinsip syariah atau berdasarkan hukum islam. Bank syariah telah diatur dalam Undang-Undang No. 21 tahun 2008 tentang Perbankan Syariah. Bank Muamalat merupakan bank syariah yang pertama kali hadir di Indonesia dan menjadi pelopor bank syariah lainnya. Bank syariah tersebut antara lain seperti BNI Syariah, BRI Syariah, dan Mandiri Syariah. Ketiga bank tersebut kini telah bergabung dan bernama Bank Syariah Indonesia (BSI).

Bank syariah memiliki akad-akad yang dapat digunakan dalam bertransaksi di semua bidang. Dalam pembiayaan jual-beli di bank syariah dapat menggunakan akad murabahah, salam dan istishna'. Untuk investasi di bank syariah dapata menggunakan akad mudharabah dan musyarakah. Dan untuk pembiayaan jasa, akad yang dapat digunakan yaitu ijarah, wadiah, hiwalah, wakalah, kafalah, rahn dan qardh

Sebelum menggunakan pembiayaan pada perbankan syariah, ada baiknya jika kita lebih dahulu memahami apa saja manfaat atau keuntungan menggunakan akad syariah dalam melakukan pembiayaan, investasi, dan transaksi di bank syariah.

1. Terhindar dari riba

Dalam bank syariah tidak ada istilah bunga didalamnya. Karena dalam Al quran telah dijelaskan bahwa bunga itu haram dan segala yang mengandung bunga itu juga haram. Maka bank syariah melarang keras adanya riba dalam segala transaksi di perbankan syariah agar terhindar dari dosa.

2. Berdasarkan syariah islam

Sesuai namanya, bank syariah tentu saja sesuai dengan prinsip-prinsip syariah yang benar. Dengan melakukan transaksi di bank syariah maka itu juga akan memberikan pahala bagi kita sendiri yang melakukannya.

3. Keuntungan dengan sistem bagi hasil

Sudah dijelaskan bahwa bank syariah tidak ada istilah bunga didalamnya, jika bank konvensional mendapatkan keuntungan dari bunga tersebut, berbeda dengan bank syariah yang keuntungannya didasarkan pada sistem bagi hasil. Keuntungan dari sistem bagi hasil ini adalah kita dapat terhindar dari resiko bunga yang dapat menjadi riba.

4. Fasilitas yang mudah dijangkau

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline