Lihat ke Halaman Asli

devinnn

Devin Nariswari

Kota Batu, Bukan Sekedar Wisata

Diperbarui: 3 Mei 2020   08:55

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

sources:travelspromo

Kota batu adalah kota yang terkenal dengan pariwisatanya baik alam maupun buatan. Kota ini berdiri pada 17 Oktober 2001. Kota ini terletak di daerah pegunungan. Kota Batu juga dikenal dengan kawasan agropolitan, sehingga mendapat julukan sebagai Kota Agropolitan. 

Kota batu berbatasan langsung dengan Kabupaten Mojokerto, Kabupaten Pasuruan, Kabupaten Malang dan Kabupaten Blitar. Kota Batu bukan hanya tentang wisatanya yang tekenal tetapi banyak kebudayaan yang masih dilestarikan.

Objek wisata yang dikembangkan di Kota batu sangat banyak, baik wisata alam maupun wsata buatan. Kota Batu juga kota penghasil pertanian di Indonesia, hasil pertanian yang ada di kota ini misalnya apel, kol, wortel, kesemek, kentang, stroberi, jeruk, brokoli, pepino dan banyak lagi. Ada juga kerajinan yang ada di kota ini misalnya kerajinan eceng gondok, gerabah, batik, batu onyx dan pohon bambu.

Selain wisata, Kota batu juga termasuk kota yang kaya akan kebudayaan. Kota Batu menyimpan sejuta potensi di bidang seni dan budaya, antara lain :

Bantengan

sources:blogkulo

Bantengan ini juga sering disebut dengan wisata budaya yang ada di Kota Batu. Bantengan adalah seni pertunjukan budaya tradisi yang menggabungkan unsur tari, olah kanuraga, musik dan syair/ mantra yang sangat kental dengan nuansa magis. Seni bantengan ini telah lahir sejak zaman Kerajaan Singasari dan sangat erat kaitannya dengan pencak silat. 

Bantengan dimainkan oleh 2 orang yang berperan sebagai pemegang kepala di depan dan yang di belakang sebagai bagian belakang dari banteng. Pernah beberapa waktu lalu Kota Batu menggelar seni bantengan secara kolosal atau disebut dengan 1000 banteng, acara ini sudah terkenal hingga mancanegara dan disambut dengan antusias yang baik oleh masyarakat dari berbagai belahan di dunia.

Bantengan adalah simbol tatanan negara, sesuai dengan kepala banteng yang dijadikan simbol sila ke 4 pancasila, kerakyatan yang di pimpin oleh hikamt kebijaksanaan dalam permusyawaratan perwakilan.

Kuda Lumping

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline