Lihat ke Halaman Asli

Devi Nanda Rahma

Universitas Airlangga

Lunturnya Warisan Budaya Indonesia

Diperbarui: 7 Juli 2022   10:37

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Seni. Sumber ilustrasi: Unsplash

Warisan budaya Indonesia adalah jati diri bangsa Indonesia yang sudah ada sejak lama dan sudah dilestarikan sejak dulu oleh leluhur atau nenek moyang bangsa Indonesia. Dimana warisan budaya Indonesia ini nantinya akan diwariskan kepada anak-anak mudah atau generasi-generasi yang akan datang. 

Ada dua jenis warisan budaya Indonesia yaitu benda dan non-benda. Banyak sekali jenis warisan budaya Indonesia seperti wayang, batik, keris, tari-tarian khas daerah, lagu khas daerah dan masih banyak lagi.  

Tapi sayangnya dengan berjalannya waktu warisan budaya tersebut sedikit demi sedikit semakin hilang. Banyak faktor yang menyebabkan hilangnya warisan budaya yang ada di Indonesia seperti kurangnya pengetahuan tentang apa saya peninggalan warisan budaya yang ada di Indonesia, kurangnya pemahaman tentang pentingnya mempertahankan warisan budaya Indonesia supaya tidak di akui oleh Negara lain, masuknya budaya asing ke Indonesia yang menyebabkan anak mudah zaman sekarang mengikuti gaya berpakaian budaya asing dan melupakan budaya sendiri, serta tidak ada yang memperkenalkan warisan budaya Indonesia kepada anak mudah zaman sekarang.

Maka dari itu sebaiknya kita sebagai warga Negara Indonesia harus mengetahui pentingnya mengetahui tentang warisan budaya yang ada di Indonesia. Baik itu yang benda maupun non-benda, karena dengan kita mengetahui apa saja peninggalan warisan budaya Indonesia kita sebakin bangga dan cinta terhadap Indonesia.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline