Lihat ke Halaman Asli

Devi Ervika

TERVERIFIKASI

Long life hallucinations

7 Pesan Tersirat dalam Novel "Burlian" Karya Tere Liye

Diperbarui: 19 Juli 2021   16:45

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

https://canva.me/s9kG2JUhChb

Novel Burlian Si Anak Spesial berisi nasehat-nasehat sederhana yang amat mengena. Diceritakan melalui kisah masa kanak-kanak Burlian. 

Dikemas secara cerdik sehingga setiap ceritanya tidak hanya inspiratif namun juga menyentuh hati. Maka jadilah kisah-kisahnya sangat mengundang air mata sekaligus membuat pembaca tersadar akan fakta-fakta yang terlewat.

Julukan anak spesial adalah cara orang tua Burlian untuk menanamkan rasa percaya diri, keyakinan dan menjadi pegangan penting saat Burlian berhadapan dengan masalah.

Burlian, anak laki-laki berusia tujuh tahun dengan empat saudara. Seperti lazimnya anak-anak, Burlian mengalami masa kanak-kanak dengan kenakalan khas mereka.

 Selain itu Burlian juga memiliki rasa ingin tau yang tinggi. Rasa penasarannya terbalut dengan kepolosan khas anak-anak yang ingin mencoba  banyak hal.

Burlian melakukannya dengan Pukat, kakaknya yang berusia delapan tahun. Mungkin karena usia mereka yang hampir sama dan juga sama-sama laki-laki, maka jadilah mereka partner merusuh yang klop. Terkadang Burlian juga melakukan 'keributan' bersama teman-teman sebayanya.

Bersama masa kecil Burlian yang hidup dekat dengan alam, novel ini mengajak pembaca menyelami makna hidup. Berikut beberapa poin dari amanatnya :

1. Jangan bolos sekolah

"... Sepanjang bisa bolos dari sekolah diajak mamak membantu apa saja tidak masalah." (Burlian).

Hayoo ada yang sependapat sama Burlian nggak ? Merasa jenuh dengan rutinitas sekolah dan selalu ingin bolos. Memang menyenangkan membayangkan bisa bermain-main dan bukannya duduk berlama-lama memandangi papan tulis.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline