Lihat ke Halaman Asli

Berternak Jangkrik Peluang Bisnis yang Cocok untuk para Pemula

Diperbarui: 17 Juni 2015   06:53

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ekonomi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Caruizp

Apakah kamu sedang mencari ide untuk membangun wirausaha? untuk para pemula berternak jangkrik dapat di jadikan pilihan karna selain tidak membutuhkan keahlian khusus modal yang di butuhkan pula relative kecil penghasilan yang di dsapat juga lumayan.

bagi anda yang ingin mencobanya alangkah baiknya bila indukannya yang berasal dari alam yang asli dan juga dalam keadaan baik atau tidak cacat, memanguntuk mendapatkan jangkrik dari alam langsung sangat sulit di dpat, untuk itu sebagai alternatif pengganti anda bisa membuat indukan dengan perawatan yang lebih.

Persyaratan budidaya untuk berternak jangkrik adalah lokasi harus tenang,teduh,dan mendapat sirekulasi udara yang baik. lokasi kandang penangkaran jangkrik ini dapat berupa gubug atau memanfaatkan pekarangan yang kosong dalam rumah . selanjutnya jika lokasi kandsang sudah di tentukan maka saatnya mendesain atau membuat kandang ternak jangkrik mulai dari menata lokasi hingga membuat kandang ternak jangkrik yaitu box yang terbuat dari triplek/polywod,bambu,kardus atau alumunium.lalu siapkan media lainnya sepewrti TRE bekas telur ayam yang sudah tidak terpakan tapi masih utuh. TRE ini berfungsi sebagai media hidup/rumah jangkrik setelah menetas di kotak yang telah di buat sebelumnya. selain itu, kandang budidaya jangkrik harus di buatkan  penutup yang di gunakan untuk mengatur kelembaban di dlam box. tutp yang di pakai ada dua lapis yaitu waring/jaring ikan dan plastik/ terpal yang rapat. dan yang terakhir adalah botol aqua bekas yang besar yang di potong 10cm untuk wadah kaki-kaki box dan di isi oli bekas agar semut tidak naik dan amsuk ke dalam box.

selamat mencoba:)




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline