Lihat ke Halaman Asli

Devi Aulya Wibowo

Mahasiswa Komunikasi

Apa Saja Persyaratan Berita pada TV?

Diperbarui: 16 Oktober 2020   08:45

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Media. Sumber ilustrasi: PIXABAY/Free-photos

Apa itu berita? Berita adalah laporan tentang suatu peristiwa atau pendapat penting yang bisa menarik khalayak dan bersifat baru. Berita bisa dipublikasikan dengan berbagai macam media. Salah satunya dari media elektronik yaitu televisi.

Jika anda perhatikan, setiap channel di televisi pasti memiliki program berita. Mengapa begitu? karena berita memiliki banyak fungsi yaitu untuk menyampaikan informasi,hiburan,untuk membentuk opini publik dll.

Berita pada TV merupakan laporan suatu peristiwa atau pendapat penting yang bisa menarik khalayak banyak melalu media televisi. Maka dari itu terdapat beberapa persyaratan dalam memilih berita. Berikut persyaratannya:

1. Actual (Aktualitas) 

 Aktualitas mempunyai arti tepat dan tidak terlambat. Suatu peristiwa yang di dapat pada hari ini harus segera di laporkan agar menajdi berita. Tujuan ini yaitu agar berita yang disampaikan tidak basi dan juga cepat dalam menarik pemirsa. Contoh format berita dari penjelasan ini yaitu breaking news.

2. Conflict (Konflik) 

 Konflik biasanya terjadi jika terdapat perbedaan pendapat. Biasanya konflik dapat menimbulkan keributan dan keributan ini menjadi daya tarik para pemirsa.

3. Proximity ( Kedekatan) 

 Kedekatan yang dimaksud disini adalah berita bisa saja terjadi dimana saja biasanya pemirsa akan tertarik jika berita tersebut terjadi didekat wilayahnya. Jika berita itu jauh dari wilayahnya maka pemirsa akan merasa dekat secara emosional saja.

4. Unsual (Keunikan atau Luar Biasa) 

 Berita tidak melulu tentang peristiwa yang menegangkan terkadang berita juga mengambil suatu peristiwa yang unik yang dapat menjadi sorotan banyak pemirsa. Biasanya berita yang disorot ini sedang hangat diperbincangkan karena peristiwa yang unik.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline