Lihat ke Halaman Asli

Mahasiswa KKN UBP Karawang Terapkan CPOTB pada UMKM Desa Tanjung

Diperbarui: 2 Agustus 2022   13:42

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokpri

 

Sebanyak 16 orang mahasiswa Universitas Buana Perjuangan Karawang melaksanakan kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Desa Tanjung, Kecamatan Banyusari, Kabupaten Karawang. Kegiatan ini dilakukan dengan tujuan untuk dapat meningkatkan mutu desa dan kualitas masyarakat di desa tersebut.

Salah satu program kerja yang dilakukan dalam kegiatan KKN ini yaitu kegiatan pelatihan mengenai penerapan CPOTB yang mana di Desa Tanjung terdapat UMKM yang bergerak di bidang pasca produksi dengan hasil produksinya yaitu dalam bentuk produk jamu.

Dokpri

Jahe Sereh Instan Mak Edah adalah salah satu produk hasil UMKM KWT Kenanga, Desa Tanjung, Kecamatan Banyusari, Kabupaten Karawang. Produk ini dibuat dengan memanfaatkan bahan baku hasil tani berupa rimpang jahe merah, sereh, dan kayu manis. Cara pembuatan yang baik dalam proses produksi jahe instan ini tentu dapat meningkatkan efektivitas dan efisiensi khasiat dari bahan-bahan yang digunakan sedangkan hal tesebut belum diterapkan secara maksimal. Melihat hal tersebut, maka dibuatlah suatu bentuk pelatihan berdasarkan program ilmu farmasi berupa pembuatan produk jahe instan dengan penerapan CPOTB yang mana dimaksudkan untuk memperbaiki cara pembuatan produk yang sebelumnya biasa dilakukan oleh pelaku usaha.

Dokpri

Pelatihan dilakukan selama satu hari di Rumah Pembelajaran Program Pemberdayaan Masyarakat Kawat Cinta, Desa Tanjung. Kegiatan pelatihan dimulai dari proses pemilihan bahan baku, pencucian, sortasi, penggilingan, penyaringan, pengendapan, perebusan, hingga proses penyerbukan produk dan pengemasan. Kegiatan ini juga memberikan arahan kepada pelaku usaha untuk senantiasa mementingkan nilai kebersihan dalam proses produksi meskipun proses yang dilakukan masih secara sederhana.

 

Penulis: Devia Setyaningsih




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline