Lihat ke Halaman Asli

Devi Anggriyani

Researcher

Tim Pengabdian FEB UNNES Memberikan Pelatihan Pemasaran Terpadu Bagi Koperasi Nurul Barqi Kota Semarang

Diperbarui: 12 Oktober 2024   23:54

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dok. Tim pengabdian FEB UNNES menyampaikan materi pelatihan

Dalam upaya mendukung peningkatan keterampilan aonggota Koperasi di SMK Nurul Barqi di era digital, tim pengabdian dari FEB Unnes yang diketuai oleh ahmad sehabuddin, S.Pd., M.Pd dengan anggota Indri murniawaty dan melibatkan 3 mahasiwa melaksanakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang berfokus pada pelatihan penggunaan platform e-commerce Shopee dan desain logo kreatif. Kegiatan yang berlangsung pada tanggal 27 Agustus 2024 ini diikuti oleh anggota dan pengurus koperasi di Nurul Barqi yang bertujuan untuk memberikan bekal yang relevan di dunia kerja dan wirausaha, terutama di bidang pemasaran digital dan desain grafis.

Sesi pelatihan dimulai dengan pengenalan tentang platform e-commerce Shopee yang semakin populer di Indonesia. Para anggota dan pengurus koperasi diberikan wawasan tentang bagaimana cara mengelola toko online. Tidak hanya berhenti pada pengoperasian dasar, pelatihan ini juga mencakup strategi pemasaran yang efektif, seperti cara meningkatkan penjualan dengan fitur promosi, teknik optimasi produk agar mudah ditemukan calon pembeli, hingga analisis pasar untuk menentukan harga yang kompetitif.

Instruktur pelatihan, ahmad sehabuddin menyampaikan bahwa "Shopee telah menjadi salah satu platform paling mudah diakses dan efektif bagi pelaku usaha pemula untuk memasarkan produk mereka. Kami ingin koperasi nurul barqi mampu memanfaatkan e-commerce tersebut sebagai media untuk mempromosikan dan media transaksi antara pihak koperasi dengan konsumen".

Selain pengenalan terhadap platform e-commerce, para anggota dan pengurus juga diberikan pelatihan tentang desain logo produk, yang menjadi salah satu elemen penting dalam menciptakan identitas visual sebuah brand. Perserta pengabdian diajarkan bagaimana membuat logo produk yang sederhana namun bermakna, serta bagaimana menggunakan canva.

Dok. Tim pengabdian FEB UNNES  / Pendampingan tim pengabdian pada mitra

Pengabdian penggunaan Shopee dan desain logo produk di SMK Nurul Barqi ini memberikan dampak positif bagi pengurus dan anggota koperasi. Tidak hanya menambah wawasan mereka dalam bidang e-commerce, tetapi juga memberikan dorongan motivasi untuk berwirausaha. Di era yang serba digital seperti sekarang, keterampilan semacam ini sangat dibutuhkan agar koperasi nurul barqi bisa bersaing dengan usaha lainnya.

Pengurus koperasi nurul barqi, Saiful Rizal mengatakan "sangat berharap bahwa kegiatan pelatihan seperti ini akan menjadi agenda rutin di sekolah dengan berkolaborasi dengan para profesional juga sangat penting".

Indri murniawaty, M.Pd selaku tim pengabdian mengatakan bahwa "Dengan semangat tinggi dari tim pengabdian dan dukungan penuh dari sekolah, diharapkan koperasi  Nurul Barqi akan menjadi koperasi yang siap menghadapi persiangan  dan mampu berkontribusi dalam pembangunan ekonomi, khususnya dalam sektor wirausaha"

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline