Lihat ke Halaman Asli

Devi Anisa

mahasiswa

''Mengenal Korean Make Up Look yang Sedang Digandrungi Masyarakat Indonesia"

Diperbarui: 2 November 2022   09:25

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Beauty. Sumber ilustrasi: Unsplash

Korean Wave atau Hallyu merupakan istilah yang diberikan untuk budaya popular Korea Selatan yang tersebar secara global di berbagai negara di dunia, termasuk Indonesia (Shim, 2006). Korean wave menjual kebudayaan Korea Selatan dengan memadukan kehidupan kebudayaan tradisional dan kebudayaan modern saat ini melalui film, musik, gaya hidup dan juga produk industri hiburan seperti drama televisi. 

Korean wave tidak sebatas memasarkan budaya Korea Selatan, tetapi juga mampu memasarkan produk-produk komersial dan pariwisata kepada masyarakat di berbagai negara, dengan kata lain Korean wave bukan sekedar perluasan industri negara namun telah menjadi kekuatan tersendiri bagi Korea Selatan. 

Korean wave sedari awal memang telah dipersiapkan untuk dipasarkan ke berbagai belahan dunia sejalan dengan adanya dukungan penuh dari pemerintah Korea Selatan, dengan tujuan untuk menghapus citra bangsa yang tradisional dan membangun citranasional yang lebih modern. Bukan hanya dari segi industri entertaimennya, tetapi sampai kepada produk kecantikan menjadi bahasan yang hangat dari 2016 sampai saat ini, banyak remajabahkan sampai orang dewasa yang ada di Indonesia menggunak produk yang berasal dari Negeri Gingseng tersebut. Bukan tanpaalasan yang jelasmerekamenggunakannya, tetapi dikarenaken produk Koreamemiliki kualitas yang baik, serta hasil yang memuaskan ketika dipakai. Bukan hanya produk skincare tetapi produk make up juga sangat digandrungi, bahkan tak jarang kita dapat menemukan dupedari produk-produk kecantikan tersebut. 

Banyak dari influencer di Indonesia yang berlomba-lomba untuk membuat konten yang berkaitan dengan Korea Selatan, alah satunya adalah tutorial merias wajah seperti masyarakat Korea Selatan. Masyarakat Korea Selatan terkenal dengan fresh look, seperti make up no make up. Mereka tidak terlalu menggunakan produk yang berlebihan dalam memoles wajah mereka, tetapi hanya menonjolkan dibagian tertentu, seperti mata, pipi, dan bibir. 

Make up Korean Look tidak selalu cocok dengan jenis muka orang Indonesia, sebab orang Indonesia memiliki jenis warna kulit yang beragam, tapi bukan berarti orang Indonesia tidak bisa membuat make up yang terlihat segar seperti make up yang sering dibuat oleh orangorang KoreaSelatan. Inilah hal yang perlu dipersiapakan sebelum membuat Korean Make Up Look untuk para pemulayang ingin belajar meriaswajah: Moisturizer Sunscreen Cushion foundation Concealer Blusher Highlighter Lipstick Langkah pertama dalam setiap tutorial adalah mempersiapkan wajah, prosedur yang biasa dilakukan adalah mengaplikasikan primer dan concealer. Namun, untuk rutinitas makeup Korea, persiapannya adalah prosedur yang panjang. Seperti yang kita semua tahu, rutinitas perawatan kulit Korea adalah rahasia wajah mereka yang montok dan bercahaya, persiapan sebelum riasan hanyasemacam itu. 

Bersihkan wajah, lalu oleskan toner dan serum ke wajah. Kemudian gunakan pelembab untuk itu semua, dan terakhir adalah tabir surya untuk melindungi kulit dari semua sinar matahari yang berbahaya. Dan juga oleskan lip balm ke bibir Anda. Dengan ini, Anda selesai dengan persiapan wajah. Langkah selanjutnya adalah melakukan alis dan mengaplikasikan eyeshadow. 

Pertahankan bentuk alisAndatetap alami, Andahanyaperlu melakukan touch up, menambahkan bentuk, dan mengisi celah (jika ada). Kedua, ingat, riasan mataKorea itu campuran matte, shimmer, dan terkadang glitter. Oleskan warna dasar di atas kelopak mata, di atas lipatan, dan di garis bulu mata bawah. Kemudian pilih warna shimmer dan aplikasikan ke sudut tengah dan dalam mata. Selanjutnya, ambil warnacokelat dan aplikasikan di dekat garisbulu mataatas. Langkah selanjutnya adalah mengaplikasikan eyeliner dan maskara. Tutorial riasan Korea untuk pemula juga akan membantu Anda mempelajari jenis eyeliner baru -- eyeliner anak puppy. Mulailah dari sudut luar kelopak mata dan naik ke tengah. Anda tidak harus memberikan sayap pada eyeliner Anda. 

Kemudian ambil warna cokelat dengan kuas miring dan sapukan di ataseyeliner untuk memadukannyadengan baik dengan eyeshadow. Jangan lupa untuk menambahkan warna coklat ke garis bulu mata bawah, itu akan menciptakan tampilan kantung matayang lucu seperti yang Andalihat di wajah orang Korea. Juga, tambahkan shimmer pada garis bulu mata bawah untuk membuat mata terlihat lebih besar. Di langkah terakhir adalah untuk menerapkan maskara. Anda dapat menjepit bulu matadengan penjepit dan kemudian mengoleskan 2hingga3 lapismaskara. Sekarang, kita akan melanjutkan dengan riasan wajah. Langkah pertama adalah menggunakan alas bedak dan aplikasikan ke seluruh wajah. 

Alasan orang Korea menggunakan alas bedak adalah karena cakupan penuh yang diberikannya dan juga ringan. Jika Anda tidak memilikinya, Anda juga dapat menggunakan alas bedak cair, tetapi pastikan itu memberi Andacakupan penuh. Selanjutnya adalah concealer, aplikasikan concealer, di mana Anda melihat noda dan membaurkannya dengan baik. JikaAnda memiliki noda hitam atau biru, gunakan concealer sebelum mengaplikasikan foundation. Setelah Anda menerapkan concealer, sekarang saatnya untuk mengatur semua riasan dasar itu. 

Gunakan bedak tabur dan aplikasikan pada wajah. Bubuk finishing juga harus diberi bantalan, jikamemungkinkan. Selanjutnya adalah contouring. Hanya perlu menggunakan sedikit contouring. Anda dapat mengatakan hanya beberapa gesekan di tempat yang diperlukan. Yang paling penting adalah kontur hidung. Ambil sedikit kontur pada kuas, buang kelebihannya, dan usapkan padasisi batang hidung. 

Kemudian lakukan contouring ringan padadahi, pipi, dan rahang. Sekarang saatnya untuk memerah seperti yang Anda lakukan setelah melihat orang yang Anda sukai! Untuk pilihan warna perona pipi, akan lebih baik jika Anda memilih warna peach atau pink. Oleskan perona pipi ke pipi Anda. 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline