Lihat ke Halaman Asli

Survei PwC: Karyawan Merasa Perubahan Terjadi Bersamaan

Diperbarui: 27 Juni 2024   08:44

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Worklife. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Freepik

Lebih dari separuh pekerja merasa tidak puas dengan laju perubahan terkait pekerjaan dan tidak memahami mengapa perubahan tersebut diperlukan. Survei harapan dan ketakutan PwC pada tahun 2024, yang mensurvei 56.000 pekerja di seluruh dunia, menemukan bahwa 53% percaya bahwa terlalu banyak perubahan yang terjadi secara bersamaan dan 44% percaya tidak perlunya perubahan di tempat kerja karena praktik mereka saat ini "berjalan dengan baik", meskipun demikian fakta bahwa 77% merasa siap untuk beradaptasi. 

Perubahan yang sedang berlangsung menunjukkan bahwa 47% dari mereka merasa khawatir terhadap stabilitas profesional mereka, meskipun sebagian besar (60%) mengatakan bahwa perkembangan tersebut menyebabkan mereka memiliki pandangan yang penuh harapan terhadap nasib asosiasi mereka. Perubahan di tempat kerja Bagaimana SDM dapat memanfaatkan AI 2.0 Tidak ada tanda-tanda bahwa kecerdasan berbasis komputer generatif akan menggantikan posisi Akankah ChatGPT yang baru mempersulit perolehan pekerjaan? 

Lebih dari sepertiganya mengalami perubahan besar dalam pekerjaan mereka pada tahun sebelumnya, termasuk peningkatan besar dalam tanggung jawab (45%), penggunaan perangkat dan kemajuan baru (45%), perubahan struktur tim (41%) dan perubahan dalam kewajiban sehari-hari. (40%). Ketika ditanya apa yang menurut mereka akan berdampak pada mereka dalam tiga tahun ke depan, 46% mengatakan kemajuan teknologi seperti AI dan robotika, 45% mengatakan perubahan preferensi pelanggan, 43% mengatakan perubahan dalam peraturan pemerintah, dan 41% mengatakan tindakan yang diambil oleh perusahaan sejenis atau pesaing. majikan mereka akan mempengaruhi pekerjaan mereka. 61% telah menggunakan kecerdasan generatif buatan manusia, seperti ChatGPT atau DALL-E, dalam kurun waktu satu tahun terakhir, dan empat dari 10 orang menyatakan bahwa kecerdasan ini akan mengubah profesi mereka dalam waktu lima tahun atau kurang. 

Meskipun persentase karyawan yang mengatakan mereka sangat atau cukup puas dengan pekerjaan mereka sedikit meningkat dari 56% dalam survei dibandingkan tahun lalu menjadi 60% tahun ini, lebih banyak karyawan yang mengatakan bahwa mereka kemungkinan akan berganti pekerjaan. Naik dari 26% pada tahun 2023 dan 19% pada tahun 2022, 28% kemungkinan akan berpindah perusahaan dalam 12 bulan ke depan. 

Menurut laporan tersebut, penting bagi perusahaan untuk memberikan kesempatan kepada karyawannya untuk mempelajari keterampilan baru dalam pekerjaan dan memastikan bahwa para pemimpin membimbing dan membimbing mereka mengenai keterampilan yang perlu mereka peroleh. "Pengunduran Diri Besar-besaran telah menempatkan karyawan dalam sorotan, mengubah keseimbangan kekuasaan di tempat kerja dan mendesak dunia usaha untuk fokus pada rekrutmen dan retensi," kata Sridhar Iyengar, direktur pelaksana perusahaan teknologi Zoho Europe. Berdasarkan temuan PwC, karyawan mengharapkan perusahaan tidak hanya menawarkan gaji yang kompetitif namun juga menyediakan alat yang mereka butuhkan untuk mencapai tujuan mereka dengan lebih mudah. 

Meskipun demikian, meningkatnya tanggung jawab menunjukkan bahwa organisasi harus melakukan lebih banyak hal untuk memenuhi kebutuhan pekerjanya yang semakin maju." "Orang-orang berinvestasi pada diri mereka sendiri, mencari peningkatan keterampilan, keterampilan ulang, dan pada akhirnya pertumbuhan karier," kata Sheila Flavell, COO TI perusahaan konsultan FDM Group. Hal ini terutama terlihat di kalangan Gen Z, yang merupakan bagian utama dari Incomparable Renunciation dengan 66% menerima bahwa perpindahan pekerjaan sangat penting untuk gerakan pekerjaan." "Gen Z dapat memainkan peran penting dalam menantang status quo dan mendefinisikan ulang cara kita bekerja melalui pemikiran kritis dan keterampilan digital. 

Namun, banyak tempat kerja yang terhambat oleh pemikiran kuno dan teknologi lama. Sebagai kumpulan talenta, mereka mengutamakan kemampuan beradaptasi, pekerjaan yang bermakna, dan komunikasi yang autentik. Oleh karena itu, dunia usaha harus memberikan perhatian dan beradaptasi untuk fokus pada pengembangan pribadi mereka melalui program pelatihan dan peningkatan keterampilan, yang akan meningkatkan retensi dan memberdayakan Generasi Z sebagai komponen penting dari tenaga kerja multigenerasi mereka.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline