Lihat ke Halaman Asli

HR Bukan Teman Anda

Diperbarui: 22 April 2024   09:35

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Diary. Sumber ilustrasi: PEXELS/Markus Winkler

Ketika manajernya mulai mengirimkan lowongan pekerjaannya, NK Beale menyadari ada yang tidak beres. Beale, berusia 40 tahun dan tinggal di Washington, DC, menyatakan, "Manajer saya menyarankan saya untuk menyampaikan pemberitahuan." "Agak aneh, karena kami memiliki hubungan yang cukup baik dan saya merasa bisa mempercayainya," katanya. Selama periode penuh gejolak dalam industri yang ditandai dengan PHK massal di Google, Amazon, dan Microsoft, kepemimpinan perusahaan teknologinya telah berubah. 

Beale bertanya-tanya apakah bosnya mungkin menyarankan dia untuk memberikan pemberitahuan sebelum mereka resmi memecatnya sehingga perusahaan tidak perlu membayar pesangonnya. Tidurnya dan kesehatannya secara keseluruhan mulai terganggu akibat stres dari segala hal. Rekan Beale menyarankan agar dia berbicara dengan rekan kerja lamanya bernama Cierra Gross, yang mendirikan perusahaan konsultan sumber daya manusia independen Caged Bird HR ketika perusahaan itu menjadi terlalu berat. Orang tidak menyadari bahwa HR pada akhirnya melayani perusahaan. Peter Cappelli dari Wharton School of Management Dengan harga $99, Gross dan stafnya mendengarkan keluhan karyawan tentang pelecehan, diskriminasi, atau masalah lain yang terkait dengan pekerjaan mereka, cerita yang takut diungkapkan oleh karyawan kepada perwakilan SDM perusahaan mereka. 

Klaim kotor bahwa karyawan di Meta, Uber, Netflix, Amazon, dan Google semuanya telah menggunakan Caged Bird. Dia juga mengklaim bahwa Caged Bird membantu seorang wanita yang akan berhenti dari pekerjaannya menegosiasikan paket pesangon sebesar $30.000 dan menulis resume untuk seorang kandidat yang kemudian menjadi senator negara bagian. Caged Bird biasanya dihubungi oleh individu yang mengalami diskriminasi atau kesulitan mendapatkan kompensasi. 

Menurut Gross, lebih dari 80% pelanggannya juga melaporkan mengalami penderitaan mental akibat pekerjaan mereka. Lebih dari sepertiga dari 1.005 pekerja usaha kecil di Amerika Serikat tidak mempercayai departemen SDM mereka, menurut survei yang dirilis bulan lalu. 47% orang yang disurvei dalam survei tahun 2021 terhadap 1.000 pekerja di perusahaan Inggris dengan lebih dari 250 karyawan mengatakan mereka tidak mempercayai HR untuk membantu mereka menyelesaikan konflik. 

Dengan 43% responden percaya bahwa staf senior lebih diunggulkan dalam perselisihan di tempat kerja, lebih dari dua dari lima responden tidak percaya bahwa departemen akan bertindak tidak memihak. Layanan SDM independen dapat berfungsi sebagai orang kepercayaan, sistem pendukung, pengacara (atau setidaknya seseorang yang mengenal seorang pengacara) dan hal lain yang tidak dapat ditemukan oleh pekerja karena skeptisisme ini. 

The Guardian berbicara dengan dua perusahaan yang telah memasuki industri ini. Pelanggan Caged Bird terlebih dahulu harus mengisi formulir yang menjelaskan siapa mereka, di mana mereka bekerja, dan apa masalahnya. Setelah itu, seorang perwakilan menghubungi mereka untuk memberi tahu mereka tentang hak-hak mereka sebagai karyawan dan memberikan nasihat ahli tentang cara melanjutkannya. Setelah itu, Caged Bird menyusun dokumen seperti surat pengunduran diri, naskah negosiasi gaji, atau surat laporan diskriminasi yang dapat berguna bagi klien ketika mereka berbicara dengan departemen SDM perusahaannya. 

Iklan menampilkan pesan "rasisme, pelecehan, dan gaslighting tidak ada dalam deskripsi pekerjaan. Bicaralah dengan profesional HR yang tugasnya melindungi Anda, bukan majikan Anda" di belakang seorang wanita dan monster. Tampilan layar penuh gambar iklan untuk Caged Bird HR. Gambar milik Caged Bird Caged Bird jarang berinteraksi langsung dengan departemen SDM perusahaan dan tidak menegosiasikan praktik ketenagakerjaan yang adil atas nama tenaga kerja kolektif seperti yang dilakukan serikat pekerja. 

Gross menyatakan, "Kadang-kadang kami mengizinkan orang pendukung untuk menghadiri pertemuan antara klien dan atasannya, namun keterlibatan kami sangat terbatas." Kami sebenarnya tidak diizinkan untuk berbicara selama pertemuan dalam situasi seperti itu. Bahkan ketika kami menulis dokumen klien untuk orang lain, kami tidak mengirimkannya langsung ke perusahaan klien. Klien menerimanya, dan mereka bertanggung jawab untuk meneruskannya kepada siapa pun yang mereka anggap pantas. Beale memutuskan untuk mengambil cuti dari pekerjaannya karena stres setelah berkonsultasi dengan Caged Bird, jalur penyelamat yang dia tidak tahu bisa dia akses. 

Mereka menunjukkan kepada saya opsi-opsi yang sebagian besar bisnis tidak ingin Anda ketahui. Dia menyatakan, "Sangat mudah bagi saya untuk mengumpulkan dokumen yang saya perlukan untuk cuti." Dia merasa segar ketika kembali bekerja setelah beberapa bulan. Belakangan, dia mendapat pekerjaan baru di bidang media dan hiburan yang memungkinkannya bekerja dan memiliki kehidupan yang lebih baik. 

Pada titik tertentu dalam karir mereka, sebagian besar pekerja mungkin pernah menemukan ungkapan "jangan percaya HR" atau "HR bukan teman Anda." Menurut Peter Cappelli, seorang profesor manajemen di Wharton School, University of Pennsylvania, permasalahannya terletak pada kenyataan bahwa banyak karyawan tidak mengetahui bagaimana sumber daya manusia dapat berperan dalam sebuah perusahaan secara keseluruhan, khususnya ketika menyangkut isu diskriminasi. Para pengusaha selama beberapa tahun terakhir membanggakan kebijakan yang tidak menoleransi pelecehan seksual di tempat kerja, terutama setelah gerakan #MeToo meningkatkan kesadaran akan masalah ini. 




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline