Lihat ke Halaman Asli

PMM UMM Kel.89 Gel. V: Meningkatkan Keterampilan belajar dan Soft skill di Panti Akhlaqul Karimah

Diperbarui: 6 Oktober 2023   11:18

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pembukaan PMM di Panti Asuhan Akhlaqul Karimah - Dok. pribadi

PMM(Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa) Bhaktiku Negeri Universitas Muhammadiyah Malang kelompok 89 gelombang 5 tahun 2023 melangsungkan kegiatan PMM dengan mengangkat tema Peningkatan Kemampuan Belajar dan Soft Skill sebagai fokus utama kegiatan PMM kali ini. Kegiatan Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa (PMM) ini adalah untuk mengaplikasikan Hilirisasi hasil Penelitian Universitas Muhammadiyah Malang (UMM). Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa (PMM) Universitas Muhammadiyah Malang kelompok 89 Gelombang 5 Tahun 2023 BHAKTIKU NEGERI yang beranggotakan 5 orang mahasiswa yaitu Devan Pramana Irmawan Putra, M Haqi Arafat, Hafid Fanani, Rahmah Wardaniah, dan Anggi Devira Damayanti, yang berasal dari Prodi Sosiologi dan Prodi Pendidikan Agama Islam, serta dibimbing oleh Ibu Cholidah, S.H., M.H. selaku Dosen Pembimbing Lapangan (DPL). 

Kegiatan ini berlangsung di Panti Asuhan Akhlaqul Karimah, Merjosari, Kec. Lowokwaru, Kota Malang, Jawa Timur.

Pada zaman sekarang, soft skill merupakan salah satu hal penting yang dapat menunjang keberhasilan atau kesuksesan individu. Soft skill merupakan kemampuan yang dimiliki oleh individu secara alami yang mencakup kecerdasan, baik emosional maupun sosial, komunikasi atau berinteraksi dengan individu lain, dan semacamnya. Pendekatan softskill adalah proses pembelajaran dan pembangunan karakter (character building) yang dirancang sedemikian rupa agar anakanak panti asuhan secara aktif dapat membangun kompetensi sikap, pengetahuan, dan keterampilan melalui tahapan kemampuan mengamati, mempertanyakan, mengumpulkan informasi, menalar, dan mengomunikasikan. Pembelajaran ini hendaknya dilakukan melalui kegiatankegiatan yang menarik, membangkitkan rasa ingin tahu, memotivasi anak untuk berfikir kritis dan menemukan hal-hal yang baru yang pada akhirnya akan memunculkan pemahaman. Semua proses ini haruslah berada di dalam koridor etika moral, kearifan lokal, pemahaman terhadap kebhinekaan bangsa dan kepedulian terhadap lingkungan hidup.

PMM UMM Kel.89 Gel.V - Dok.pribadi

Dalam hal ini, soft skill adalah karakter bawaan individu. Beberapa contoh soft skill adalah problem solving, kepemimpinan, management waktu, komunikasi, berpikir kritis, mudah beradaptasi dan lain-lain. Namun, kelompok 89 gelombang 5 lebih memfokuskan untuk mengarah ke soft skill komunikasi dan keterampilan. Sasaran utama kelompok ini adalah anak-anak di panti asuhan Akhlaqul Karimah yang sedang duduk di bangku Sekolah Dasar.

PMM UMM KEL. 89 GEL.V Lomba TATAMA - Dok. pribadi

Pada hari Sabtu, 18 Agustus 2023 kelompok 89 gelombang 5 melangsungkan salah satu kegiatan yang sudah ada di program yaitu TATAMA (Tanggap Tangkas Bersama). Kegiatan Tatama ini diikuti oleh beberapa anak-anak di panti asuhan Akhlaqul Karimah dengan cukup antusias. Hal ini cukup menarik perhatian dikarenakan banyak anak-anak yang masih berada di usia 6 tahun memiliki keinginan dan keberanian mencoba maju ke depan untuk mengikuti lomba tanpa harus disuruh terlebih dahulu.

Pada saat anak-anak ini maju, kelompok 89 gelombang 5 tidak menuntut untuk harus m menjawab dengan benar saat di depan. Akan tetapi, anak-anak ini diberikan kebebasan untuk menjawab apapun saat melakukan ketahui. Hal tersebut dilakukan agar anak-anak bisa bebas mengolah kreativitas mereka dan juga bebas untuk menjawab pertanyaan di depan umum dan menjadi pengalaman mereka.

Beberapa hal yang menarik saat berlangsungnya Lomba Tatama adalah anak-anak panti asuhan ini memulai dengan perkenalan, hobi, cita-cita mereka hingga bercerita siapa saja nama teman-teman di sekolah mereka.

Menginjak usia 6 tahun, hal tersebut merupakan sebuah hal yang patut diapresiasi karena belum tentu anak-anak lain di luar sana memiliki keberanian seperti anak-anak di panti asuhan Akhlaqul Karimah. Walaupun diberikan kebebasan bercerita, kelompok 89 ini juga mendampingi sekaligus memberikan tips-tips apa saja yang harus dilakukan dan tidak boleh dilakukan saat melakukan Lomba tanggap tangkas bersama.

www.umm.ac.id




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline