Lihat ke Halaman Asli

Laura DevandraCheryl

Mahasiswa Universitas Singaperbangsa Karawang

Pentingnya Kemampuan Literasi Media di Pemilu 2024

Diperbarui: 6 November 2023   22:28

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

https://unsplash.com/photos/silver-imac-with-keyboard-and-trackpad-inside-room-KE0nC8-58MQ

Saat ini berbagai informasi dapat dengan mudah tersebar berkat adanya media baru. Setiap orang dapat menyebarkan informasi atau mengonsumsi suatu informasi dengan mudah, namun seringkali informasi tersebut adalah informasi bohong atau hoaks.  Informasi bohong yang berkaitan dengan Pemilu 2024 dapat menurunkan kepercayaan masyarakat dan berdampak pada partisipasi masyarakat. Jangan sampai masyarakat terhasut oleh berbagai disinformasi, agar masyarakat tidak terhasut diperlukan kemampuan literasi digital untuk menangkal informasi-informasi bohong.

Apa itu literasi media?

Baran (2004) menyebutkan saat ini literasi diartikan sebagai kemampuan memahami simbol-simbol tertulis secara efisien dan efektif serta komprehensif. Dengan adanya perkembangan media noncetak (lahirnya media elektronik), maka kemampuan itu tidak bernama literasi lagi, tetapi menjadi media literacy atau literasi media (kecerdasan bermedia). 

Literasi media merupakan keahlian yang dapat dikembangkan, sama seperti keahlian lain. Keahlian yang harus dikembangkan melalui literasi media adalah berpikir bagaimana pentingnya media massa dalam menciptakan dan mengendalikan budaya yang membatasi kita dan hidup kita

Literasi media merupakan salah satu upaya dalam menangkap dampak negatif media massa, karena literasi media memampukan khalayak media untuk mengevaluasi dan berpikir kritis terhadap pesan yang disampaikan oleh media. Sejumlah pakar menyebut, melakukan literasi media dapat menciptakan generasi literat, yang merupakan jembatan menuju masyarakat makmur yang kritis dan peduli. Kritis terhadap segala informasi yang diterima, sehingga tidak bereaksi secara emosional dan peduli terhadap lingkungan sekitar.

Kemampuan Literasi Media

Sebagai audiensi media massa, mengonsumsi isi media adalah hal yang mudah. Kita cukup menekan tombol untuk menonton siaran televisi, datang ke bioskop untuk dapat melihat sebuah film, atau dengan membeli koran. Bahkan saat ini semuanya tersedia di smartphone, kita cukup memiliki akses internet lalu kita akan mendapatkan semua informasi yang kita butuhkan melalui smartphone. Namun, lain halnya dengan konsumsi literasi media. Mengonsumsi literasi media membutuhkan kemampuan spesifik, yang disebut media literacy skill atau kemampuan literasi media.

Kemampuan literasi media yaitu sebagai berikut :

  • Kemampuan dan keinginan untuk membuat kemajuan dalam memahami isi, memperhatikan dan menyaring informasi luar;
  • Pemahaman dan respek terhadap kekuatan pesan media. Media massa telah ada sejak satu setengah abad, isi media cenderung gratis atau relatif murah;
  • Kemampuan untuk membedakan emosi dari reaksi yang beralasan ketika merespons isi dan tindakan yang menurutnya;
  • Pengembangan harapan yang dipertinggi dari isi media. Kita menggunakan media untuk mengisi waktu luang. Ketika memutuskan untuk menonton televisikita biasanya mengganti saluran sampai menemukan saluran yang cocok;
  •  Pengetahuan konvensi "genre" dan kemampuan untuk menerima ketika terjadi penggabunganIstilah "genre" merujuk kepada macam-macam ekspresi dalam bermacam-macam media. Dimana "genre " tersebut melukiskan secara khusus;
  • Kemampuan untuk berpikir kritis tentang pesan media tidak hanya krediblitas sumber;
  •  Sebuah pengetahuan bahasa internal dari berbagai media dan kemampuan untuk memahami dampaknyatidak hanya bagaimana masalah itu cukup kompleks (Baran, 2004 : 56-58).

Seberapa penting kemampuan literasi media di Pemilu 2024?

Menurut saya kemampuan literasi media sangat penting dimiliki oleh para pemilih di pemilu 2024. Hal ini penting karena saat ini kita berada di era digital di mana penyebaran informasi terjadi begitu cepat, namun sering kali informasi yang tersebar adalah informasi yang bohong atau sering kita sebut hoaks. Informasi bohong atau dikenal sebagai hoaks menyangkut penyelenggaraan pemilu dapat menurunkan tingkat kepercayaan masyarakat dan berdampak pada partisipasi masyarakat. Kemampuan literasi media penting diterapkan agar masyarakat dapat membentengi diri dari hoaks dan dapat mengonsumsi berita yang benar untuk menjadi bahan edukasi masyarakat di pemilu 2024 ini.

Tujuan akhir dari literasi media adalah mengajak masyarakat dan pengguna media untuk menganalisis pesan yang disampaikan media massa mempertimbangkan tujuan komersial dan politik dibalik suatu citra atau pesan media, dan meneliti siapa yang bertanggung jawab atas pesan yang disebarkan media. Jika seluruh masyarakat yang menjadi pemilih di Pemilu 2024 memiliki kemampuan literasi media yang mencukupi, maka pemilih di Pemilu 2024 akan menjadi pemilih yang kritis. Harapannya agar Pemilu 2024 dapat berjalan secara aman dan damai sehingga hasil akhirnya terpilihlah pemimpin yang benar-benar kompeten dalam memimpin bangsa dan negara Indonesia.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline