Lihat ke Halaman Asli

Deva Mukhtar

@Deva Mukhtar pemula dalam menulis. Memiliki ketertarikan dengan sejarah, budaya serta bahasa.

Bahasa Betawi di Kalangan Anak Muda Zaman Sekarang

Diperbarui: 30 September 2021   23:57

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Bahasa daerah merupakan identitas bagi masyarakatnya. 

Tidak sedikit orang mampu mengenali seseorang berasal dari daerah mana hanya dengan cara mendengar bahasa serta logat bahasa yang digunakan. 

Salah satunya adalah bahasa betawi. Dimana bahasa betawi memiliki ciri yang unik yaitu bahasa yang paling mudah untuk masuk kedalam dunia sehari-hari anak muda zaman sekarang. 

Disebut-sebut pula bahwa bahasa betawi adalah bahasa gaul. Dimana anak muda saat ini lebih akrab dengan sebutan 'lo' 'gue' untuk komunikasi dengan teman-temannya. Ada pun beberapa bahasa betawi lainnya yang sering saya dan teman-teman pakai ketika berkumpul, sekalipun kami berbeda suku, yaitu :

'Kaga danta lu!' Yang berarti tidak jelas

'Nah ini dia nih dedengkotnya!' Yang berarti nah ini dia biang nya atau tokoh utama dalam sebuah peristiwa. Tidak hanya karena sering digunakan dalam 

'tongkrongan' namun bahasa betawi sangat lekat di telinga saya, karena saya terlahir di keluarga betawi. Dimana ibu saya hampir setiap hari menggunakan bahasa betawi yang terdengar cukup unik namun sangat menarik. 

Contohnya seperti : tengari bolong lagi maen lari-larian bae. Mana nyeker, itu kaki ampe jember diliatah' yang artinya 'main lari-larian di siang hari yang matahari sedang terik-teriknya. Dan tanpa menggunakan alas kaki hingga terlihat jijik karena kotor.'

Demikian yang dapat saya sampaikan mengenai bahasa daerah yang mampu masuk dalam bahasa sehari-hari anak di era milenial.

Terima kasih:)




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline