Lihat ke Halaman Asli

deui wulandari

Ibu rumah tangga

Karnaval Jogja ke-267 Yogyakarta oleh Ratusan Siswa Sekolah Joannes Bosco

Diperbarui: 11 Oktober 2023   09:49

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Joglosemar. Sumber ilustrasi: KOMPAS.com

Pada hari Rabu tanggal 4 Oktober 2023 kondisi jalan raya kota Jogja padat merayap karena ada karnaval beriringan untuk memeriahkan rangkaian Hari Ulang Tahun Jogja ke-267 termasuk yang dilakukan oleh murid SD maupun SMP Joannes Bosco. Arak-arakan karnaval yang diikuti oleh segenap guru, para murid, komite sekolah/LO, orang tua serta wali siswa. Karnaval tersebut sudah dimulai sejak jam 8 pagi dengan berbagai macam kreasi yang ditampilkan.

Karnaval murid-murid SD maupun SMP Joanes Bosco mengenakan pakaian adat Jogja kamis pahingan atau yang lebih dikenal dengan baju gagrak, pakaian adat Nusantara, serta ada yang memakai pakaian profesi. Para murid SD maupun SMP Joannes Bosco memakai atribut saat karnaval seperti topi caping, kelontong jadul ala Jogja, kipas bertuliskan HUT Jogja ke-267, serta membawa gunungan hasil bumi. Para murid mengitari rute karnaval terdekat sekolah yaitu hanya mengelilingi Pasar Talok, Kampung Gendeng, Kemantren Gondokusuman Yogyakarta.

Selain mengikuti karnaval, para murid juga diajak melihat film yang mengenalkan budaya kota Jogja itu sendiri. Pihak sekolah Joannes Bosco juga berusaha mengenalkan dan budaya Indonesia khususnya budaya asli kota Yogyakarta kata Bu Dwi (kepala sekolah SD Joanes Bosco). Bu Dwi berpesan kepada para murid agar para murid kelas 1 sampai kelas 6 SD Joannes Bosco mewujudkan proses pembelajaran yang penuh makna seperti kerja sama antar murid itu sendiri dan melatih nalar kritis sehingga karakter mulia para murid menjadi pelajar Pancasila sesuai dengan visi misi sekolah Joannes Bosco Yogyakarta.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline