Lihat ke Halaman Asli

Detha Arya Tifada

TERVERIFIKASI

Content Writer

Deretan Aplikasi (di Balik) Liburan Serba Eksis

Diperbarui: 3 Juni 2019   19:37

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

mudik/ Sohel Patel from Pexels

Rindu akan rumah, rindu akan berjumpa teman sepermainan hingga perasaan merindu kampung halaman akan semakin meninggi menjelang libur lebaran ialah hal yang wajar. Hal itu sesuai dengan yang pernah diungkap oleh Rumi, bahwa "siapapun yang terpisah dari orang yang dicintainya akan mengerti apa yang kukatakan, siapapun yang ditarik dari sumbernya akan merindu untuk kembali."

Kiranya begitulah bentuk kerinduan yang dialami oleh diri pribadi, tepat sebelum hari mudik dilangsungkan. Melalui kerinduan itu pula, oleh-oleh turun disiapkan, THR mulai dimasukkan amplop, ibadah semakin diperkencang, segala yang berbau alat dokumentasi tak boleh ketinggalan (karena mudik ke Sumbawa itu rasanya seperti liburan) serta menyiapkan seperangkat aplikasi pada ponsel pintar yang bertujuan mempermudah jalannya mudik.

Apa urgensi-nya aplikasi ponsel untuk mudik? Jangan salah, adanya aplikasi membuat segala hal selama perjalanan dengan menggunakan pesawat terbang dari Jakarta -- Lombok -- Sumbawa yang memiliki estimasi 5 jam -- 6 perjalanan (termasuk transit) dapat dibuat aman, nyaman, dan dibikin simpel. Mulai dari aplikasi yang menunjang dokumentasi (Foto & Video), Insta Story (By Instagram), akomodasi, dan transaksi perbankan (sekalipun porsi untuk kebutuhan Insta Story diperbanyak).

Tak ingin berlama-lama, inilah 5 aplikasi yang harusnya sudah tersedia dan diunduh dari App Store maupun Google PlayStore. Cekidot...

1. EOS Remote

Sehubungan dengan kamera yang menjadi langganan dalam tiap pulang kampung ialah Canon 6D, guna mengakomodasi kebutuhan dokumentasi selama mudik, baik bentuk foto atau video. Setali dengan hal itu, aplikasi yang memudahkan control camera sembari memindahkan langsung foto dari camera ke ponsel pintar, dari dulu hingga sekarang, aplikasi EOS Remote tetap menjadi andalan. Keunggulannya pun menarik, kita tak membutuhkan banyak ruang untuk menampung aplikasi ini.

Hanya tinggal masuk ke aplikasi, kemudian aktifkan Wifi kamera, kemudian kamera pun dalam kendali ponsel pintar. Hal ini sungguh merepresentasikan, bahwa semahal apapun perangkat yang digunakan, hal yang menjadi penting ialah siapa orang dibelakangnya alias "The man behind the gun."

2. FUJIFILM Camera Remote

Sebagai seorang yang menyukai fotografi (bukan hobi, hanya suka), disamping membawa satu kamera Profesional (Canon 6D), diri pribadi-pun tak lupa membawa satu lagi kamera yang berada di level semi-pro (Fuji XT-10), yang tentu saja tak memakan banyak tempat, ringan, dan pengoprasiannya cenderung mudah, guna menangkap banyak moment selama mudik lebaran.

Untuk itu, agar kamera dapat sepenuhnya memainkan perannya, otomatis aplikasi bernama FUJIFILM Camera Remote, sudah selayaknya berada dalam barisan aplikasi yang tersedia kala mudik. Fungsinya sama seperti EOS Remote, cuman aplikasi empunya FUJI, lebih simpel dan tak membutuhkan otak atik macam-macam untuk disambungkan lewat ponsel pintar. Tinggal buka aplikasi, nyalakan kamera, tekan Fn, hubungkan Wifi, kemudian nyambung deh.     

3. StoryArt

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline