Lihat ke Halaman Asli

Desy Yulia

Universitas Slamet Riyadi Surakarta

Cerdas Calistung, Mengatasi Kesulitan Membaca Menulis dan Berhitung pada Peserta Didik SDN Genengsari 03

Diperbarui: 10 Agustus 2023   12:26

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

( Gambar Pribadi) 

Sukoharjo - Calistung merupakan kegiatan belajar yang berkaitan dengan penguasaan baca, tulis, dan hitung. Calistung merupakan kemampuan dasar yang harus dikuasai anak yang telah menginjak SD.

Dalam rangka Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (KKN PPM) Universitas Slamet Riyadi Surakarta Tahun 2023. Kelompok KKN PPM 61 dengan Dosen Pembimbing Lapangan (DPL)  Lukas Maserona Sarungu,S.Sos.,M.I.Kom, yang bertempat di Desa Genengsari, Kecamatan Polokarto, Kabupaten Sukoharjo. Program kerja individu yang  dibuat oleh Desy Yulia Lestari salah satu mahasiswi Universitas Slamet Riyadi Surakarta dengan program studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar yang berjudul Cerdas Calistung " Mengatasi Kesulitsan Membaca Menulis dan Berhitung Pada Peserta Didik SDN 03 Genengsari kegiatan ini dibantu oleh anggota kelompok 61 beserta wali kelas satu. Senin ( 31/7/2023)

Kegiatan ini bertujuan untuk membantu peserta didik yang masih kesulitan  membaca, menulis dan berhitung dan diharapkan dengan adanya kegiatan bimbingan belajar Cerdas Calistung ini menjadi sarana agar peserta didik mampu memahami apa yang dibaca, ditulis dan dihitung. Untuk sasarannya adalah peserta didik kelas 1 SDN Genengsari 03, setelah pembelajaran dilakukan terdapat beberapa peserta didik yang masih kesulitan membaca dan menulis, terdapat 7 peserta didik yang masih kesulitan menulis dan 4 peserta didik yang masih kesulitan untuk membaca dari total jumlah peserta didik kelas 1 yaitu 11 peserta didik.

Media pembelajaran  yang digunakan adalah Media  PAKANG yaitu singkatan dari Papan Kata Angka. Media PAKANG ini sangat membantu guru untuk mengenalkan Huruf dan angka kepada peserta didik. Media pembelajaran ini sangat cocok digunakan untuk memperkenalkan kepada peserta didik yang masih kesulitan untuk membedakan huruf abjad dan angka.  Kegiatan pembelajaran ini tidak hanya dilaksanakan di kelas namun juga dilaksanakan dirumah atau sering disebut dengan les bimbingan belajar. Bimbingan belajar dilaksanakan dirumah atau posko kelompok 61 yang yang dilakukan pada waktu sore hari

Dengan adanya bimbingan belajar Cerdas Calistung membaca, menulis dan berhitung  peserta didik menjadi lebih mudah untuk mengenali huruf, angka beserta cara menulis yang tepat dan benar.

(DESY YULIA LESTARI/PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR)




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline