Lihat ke Halaman Asli

Desy Wulandari

Mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa dan sastra indonesia Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan

Rusaknya Moral pada Remaja

Diperbarui: 23 Desember 2022   11:58

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Rusaknya moral seseorang anak terjadi karena dua faktor utama. Yang pertama adalah faktor keluarga dan faktor lingkungan.Adanya pendidikan moral sangat berperan penting dalam pembentukan generasi muda bangsa guna memiliki nilai-nilai pendidikan yang baik pada lingkungan masyarakat, khususnya lingkungan sekolah. Ini merupakan tugas pendidik menciptakan generasi-generasi bangsa yang baik, berakhlak mulia,dan berbudipekerti sesuai dengan nilai-nilai norma keagamaan.

Implementasi nilai-nilai pancasila pada anak di lingkungan keluarga sangat penting sekali untuk diterapkan didalam kehidupan sehari hari.Sebab keluarga adalah pendidikan pertama bagi seorang anak untuk belajar, berkembang dan memahami lingkungan nya. Keluarga yang berhasil dalam menanamkan karakter kepada anaknya terlebih penanaman karakter yang terdapat pada nilai-nilai pancasila adalah keluarga yang hebat, yang akan menjadikan anaknya sebagai manusia yang mempunyai moral sosial.

faktor yg kedua adalah faktor lingkungan.pergaulan sangat berpengaruh terhadap etika,moral,dan akhlak karena kepribadian manusia akan terpengaruhi dari pergaulan itu sendiri.Apabila seseorang bergaul di lingkungan yang baik,maka ia akan timbul kepribadian yang baik juga.Dan apabila seseorang bergaul pada kondisi lingkungan yang kurang baik,maka akan timbul kepribadian yang kurang baik juga.lingkungan dan teman yang buruk juga menyebabkan remaja terjerumus dalam perilaku buruk. Apalagi jika remaja tersebut adalah anak bodoh, lemah akidah, mudah terombang-ambing, dan cepat terpengaruh ketik bergaul.Pada dasarnya, seorang anak cenderung akan memilih lingkungan yang baik tempat dia bergaul apabila dia mendapatkan bimbingan dari orang tua. Karena tugas dari orang tua adalah untuk mengawasi remaja didalam pergaulannya. Sayangnya, banyak orang tua yang tidak peduli terhadap tugas dan tanggung jawabnya sehingga tidak menanamkan nilai-nilai agama kepada anak-anaknya.

Pada nilai pancasila ke-2 Kemanusiaan Yang Adil Dan Beradab di dalam keluarga bahwa orangtua adalah cerminan utama dalam melakukan prilaku yang adil terhadap anak.Sebab anak akan melihat dan mencontoh bagaimana dia diperlakukan di dalam keluarga dan seberapa besar dia ikut andil dalam setiap keputusan didalam keluarga.

Rasulullah SAW bersabda:

Artinya: "Sesungguhnya yang paling aku cintai di antara kalian dan paling dekat tempat duduknya denganku pada hari kiamat adalah mereka yang paling bagus akhlaknya di antara kalian." (HR Tirmidzi)




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline