Lihat ke Halaman Asli

Macaron, Kue Imut Asal Perancis yang Terlalu Gemas untuk Dimakan

Diperbarui: 9 November 2022   07:56

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Macaron (Pixabay/S. Hermann / F. Richter)

Siapa yang suka jajan macaron atau bahkan membuatnya sendiri di rumah? Tega nggak sih makan biskuit lucu dan imut ini? Apalagi kalau ditata rapi dengan warna yang beragam, bikin gemes ya. Kalau ngomongin soal estetika dari makanan ini kayaknya nggak akan habis deh, khususnya buat kamu pecinta dessert atau makanan lucu seperti ini. Tapi, kamu sudah tahu belum sebenarnya macaron ini terbuat dari apa dan asalnya dari mana?

Jadi, macaron ini adalah biskuit khas Prancis yang dibuat dari tepung almond, putih teur, gula, dan krim lembut yang manis. Biasanya sih krim didalamnya diberi rasa buah-buahan, nggak heran kalau anak-anak juga suka banget sama biskuit ini. Tekstur macaron ini renyah diluar dan lembut di dalam, kebayang nggak tuh nikmatnya?

Dalam penulisan dan penyebutannya, kadang kita menemukan dua versi yang berbeda antara macaron dan macaroon. Ternyata dua kata tersebut memang berbeda, macaron adalah biskuit bulat dari Perancis, sedangkan macaroon adalah biskuit kelapa dari Italia. Jadi, hati-hati kalau menulis atau menyebut biar nggak salah beli ya.

Macaron sudah ada sejak abad ke 16 dan berkembang selama masa Renaisans. Dulu rasa macaron hanya itu-itu saja seperti cokelat atau raspberi, seiring berkembangnya zaman, resep macaron jadi makin bervariasi, rasanya juga bermacam-macam sesuai dengan selera si pembuat, ada yang rasa green tea, taro, red velvet, dan lain-lain. Kalau kamu paling suka rasa macaron yang apa?

Cara makan macaron ini juga bervariasi lho, ada yang dimakan secara langsung ada juga yang dijadikan teman ngopi atau ngeteh. Kalau kamu punya remahan macaron jangan buru-buru dibuang ya, coba deh dimakan bareng ice cream, jadikan remahan macaron itu sebagai topping, pasti rasa ice cream kamu jadi makin enak.

Selain dinikmati sendiri, biskuit lucu ini juga bisa jadi ide hampers untuk keluarga, teman, atau pasangan yang sedang merayakan momen bahagia. Dijamin mereka pasti langsung suka dengan warna-warni macaron yang kamu bawa. Untuk, mendapatkan macaron ini kamu nggak perlu datang langsung ke Perancis kok, sekarang makanan ini sudah populer di Indonesia, jadi kamu bisa cari toko kue online yang menjual macaron.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline