Lihat ke Halaman Asli

Mengembangkan Sikap Berpikir Kritis Siswa Melalui Pembelajaran Portofolio

Diperbarui: 18 Desember 2024   23:03

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Pembelajaran merupakan proses membantu siswa dalam memahami materi dengan baik agar siswa dapat memperoleh pengetahuan, keterampilan, serta membentuk sikap. Pembelajaran juga merupakan proses komunikasi antara guru dengan siswa yang tidak dapat dipisahkan.

Adapun beberapa komponen pembelajaran, di antaranya:

  • Materi pembelajaran

Materi pembelajaran merupakan isi dari kurikulum, berupa mata pelajaran atau bidang studi dengan topik dan sub topik.

  • Strategi pembelajaran

Strategi pembelajaran dipengaruhi oleh beberapa faktor, seperti tujuan, materi, siswa, fasilitas, waktu, dan guru.

Tujuan pembelajaran

Tujuan pembelajaran merupakan deskripsi pencapaian tiga aspek kompetensi murid, yaitu pengetahuan, keterampilan, dan sikap.

Proses pembelajaran yang disampaikan guru kepada murid dapat dilakukan dalam berbagai macam strategi atau metode, kali ini kita akan membahas strategi atau metode pembelajaran portofolio dan projek base learning dalam mengembangkan sikap berpikir kritis dan kreatif siswa. Metode pembelajaran portofolio merupakan proses pemebelajaran yang bersifat holistik atau keseluruhan yaitu mengembangkan pengetahuan , keterampilan, dan psikomotorik siswa serta bertujuan untuk mengembangkan sikap siswa dalam berfikir kritis dan kreatif.

Pembelajaran Portofolio dilakukan untuk menilai aspek kognitif/pengetahuan, kreatif, dan psikomotorik, penilaian tersebut dilakukan dengan berbagai proses mulai dari mengidentifikasi masalah hingga melaksanakan gelar kasus atau studi kasus.

Berikut ini beberapa hal yang harus dipersiapkan dalam proses pembelajaran portofolio, diantaranya :

  • Guru menyiapkan dan memberikan topik pembahasan materi
  • Guru menjelaskan topik pembahasan tersebut
  • Guru sebaiknya harus memiliki peta kemampuan siswa
  • Guru membuat kelompok serta membagikan topik kepada masing-masing kelompok
  • Siswa mulai berdiskusi dan menentukan lokasi
  • Siswa menentukan narasumber
  • Siswa membuat daftar pertanyaan
  • Siswa melakukan observasi
  • Setelah selesai siswa membuat laporan atau makalah.

Pembelajaran portofolio juga memiliki bebrapa komponen diantaranya :

  • Karya Tulis
  • Presentasi
  • Video
  • Refleksi diri

Pembelajaran portofolio dapat dilakukan dengan alokasi waktu pembelajaran yaitu dari 8 Jam pelajaran hingga 10 Jam pelajaran.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline