Lihat ke Halaman Asli

Yuk kenali! Faktor Penyebab Permasalahan Sosial

Diperbarui: 6 Juli 2022   08:49

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Permasalahan sosial adalah perbedaan antara harapan dan kenyataan atau sebagai kesenjangan antara situasi yang ada dengan situasi yang seharusnya.
Permasalah sosial di Indonesia dapat terjadi dari ruang lingkup yang kecil hingga lingkup besar, dari masalah keluarga hingga permasalahan antar suku atau agama. Timbulnya masalah sosial dapat merugikan masyarakat dan mengganggu keseimbangan fungsi sosial.

Permasalahan sosial yang muncul dimasyarakat khususnya di Indonesia dapat terjadi karena adanya beberapa faktor penyebabnya. Karena tidak ada masalah yang muncul hanya karena satu sebab.

Berikut Faktor-Faktor Permasalahan sosial dapat terjadi:

1. Faktor Ekonomi
Keterbatasan ekonomi yang didapat masyarakat dapat menimbulkan masalah sosial. Hal ini yang paling sering terjadi mengingat banyaknya masalah pengangguran di Indonesia, sehingga masyarakat tidak memperoleh pendapatan untuk memenuhi kebutuhan ekonominya, kemudian menimbulkan niat untuk melakukan tindak kriminal.

Contohnya: Terjadinya Perampokan, penipuan, korupsi, dan lain-lain.

2. Faktor Budaya
Terdapat perbedaan budaya yang ada dalam masyarakat dapat menyebabkan perbedaan pendapat dan dapat menimbulkan permasalahan sosial, ketidaksesuaian antara nilai, norma, dan kepentingan sosial yang berbenturan dengan pola masyarakat yang heterogen atau multikultur.

Contohnya: Terjadi bentrok antar suku, Kenakalan remaja, Pergaulan Bebas, dan lain-lain.

3. Faktor Biologi
Faktor biologi dapat menjadi masalah sosial apabila terjadi ketidaksesuaian antara harapan terwujudnya masyarakat yang sehat dengan realita keadaan yang mengganggu stabilitas kesehatan masyarakat. Masalah sosial yang melalui Faktor Biologi yaitu terdapat kesehatan masyarakat yang terganggu khususnya mengenai Penyakit Menular yang ditimbulkan akibat virus. 

Contohnya: Covid-19, Flu Burung, Demam Berdarah. dan lain-lain. 


4. Faktor psikologi
Faktor psikologi menjadi sebab terjadinya permasalahan sosial apabila beban hidup yang dialami suatu masyarakat terlalu berat, gangguan psikologi atau pola pikir masyarakat yang menjauh dari kenormalan, dan ketidakstabilan emosi dalam menghadapi masalah.

Contohnya: depresi, bunuh diri, aliran sesat, antisosial, dan lain-lain.

Nama: Desy Komalasari

NIM   : 211011550045




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline