Lihat ke Halaman Asli

Gebrakan Mahasiswa KKN Undip Tim 2: Desa Kalikalong Makin Wow dengan Website Informasi Terkini!

Diperbarui: 12 Agustus 2023   04:17

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sosialisasi di Balai Desa/dokpri

Kalikalong,Pati (08/08/2023) -- Pada zaman sekarang, informasi dapat diperoleh dengan mudah melalui internet. Namun, tidak semua informasi yang beredar berasal dari sumber yang terpercaya, misalnya informasi tentang suatu desa. Adanya website desa menjadi salah satu sumber informasi yang terpercaya. 

Misalnya di desa Kalikalong Pati yang dimana memiliki website desa difasilitasi oleh Kominfo, akan tetapi belum dimanfaatkan secarw maksimal. Maka dari itu mahasiswa KKN TIM 2 UNDIP melakukan gebrakan optimalisasi website desa sebagai sarana informasi. Optimalisasi website desa adalah untuk memanfaatkan teknologi digital guna meningkatkan akses informasi masyarakat terkait berita, program, dan layanan desa. 

Bentuk kegiatan yang dilaksanakan oleh tim kkn adalah pengajaran dan penulisan isi konten website desa serta sosialisasi dan edukasi secara langsung dengan perangkat desa.

Kegiatan sosisalisasi diadakan di balai desa pada Hari Selasa, 08 Agustus 2023 pada pukul 11.00 dengan sasaran beberapa perangkat desa. Persiapan dilakukan sebelum pukul 11 dengan menggunakan fasilitas yang disediakan oleh balai desa. Untuk kegiatan sosialisasinya cukup berjalan dengan lancar. Kegiatan sosialisai terdiri dari pembukaan, pembahasan, penutup dan yang terakhir yaitu dokumentasi. Komunikasi antara sasaran dan komunikator cukup komunikatif sehingga sosialisasi menjadi lebih hidup. Sosialisasi berjalan selama kurang lebih 30 menit. 

Tampilan Awal Website Desa Kalikalong/dokpri

Link Website Desa Kalikalong : http://kalikalong-tayu.desa.id/

"Adanya website desa yang dimanfaatkan secara maksimal, dapat menjadi sarana informasi bagi masyarakat luas karena informasi akan tersedia melalui internet dan juga daoat memperkenalkan desa Kalikalong secara luas", ujar Debby salah satu mahasiswa kkn.

Website desa saat ini menjadi lebih informatif dibandingkan dengan sebelumnya sehingga dapat menjadi sarana informasi terkait Desa Kalikalong. Fitur-fitur yang ada di website ini sudah hampir terisi informasi hang berkaitan, mulai dari fitur profil desa, organisasi, layanan, potensi desa, peoduk hukum dan lain sebagainya. Melalui program ini, kami berharap website desa dapat digunakan sebagai media pencarian informasi yang lengkap mengenai Desa Kalikalong. 

Penulis : Mahasiswa KKN Tim 2 Undip Tahun 2022/2023 Desa Kalikalong,Tayu,Pati.

Dosen Pembimbing Lapangan : Indra Devian Lumban Gaol., S.AP., M.AP




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline