Lihat ke Halaman Asli

Desy Eka

Mahasiswa

Prokrastinasi dan Mahasiswa?

Diperbarui: 5 Juni 2024   10:09

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ruang Kelas. Sumber Ilustrasi: PAXELS

Membahas mengenai prokrastinasi yang mungkin masih terdengar asing bagi beberapa mahasiswa, padahal mahasiswa sering kali melakukan prokrastinasi. Lalu apa sih itu prokrastinasi itu sendiri ? Perilaku prokrastinasi atau orang-orang biasa menyebutnya deadliner merupakan sebuah tindakan menunda-nunda untuk melakukan suatu tugas atau pekerjaan. 

Orang yang melakukan prokrastinasi bisa disebut prokratinator. Tidak hanya dialami oleh mahasiswa, namun prokratinasi bisa dilakukan semua orang, hanya saja perilaku prokrastinasi lebih sering terjadi pada mahasiswa.

Banyak ditemui bahwa mahasiswa lebih sering menunda suatu tugas atau pekerjaan yang didapatnya. Mereka lebih memilih mengerjakan suatu tugas tersebut ketika sudah hampir batas waktu pengumpulan. Lalu ketika ditanya kenapa lebih memilih mengerjakannya di akhir waktu, kebanyakan mahasiswa menjawab "karena ketika mengerjakannya sudah mepet dengan waktu yang telah ditentukan ide-ide akan datang secara tiba-tiba hingga membuat mereka lebih memilih untuk mengerjakannya di akhir waktu. 

Setelah ditelaah lebih lanjut banyak mahasiswa yang lebih memilih untuk pergi bersama teman, keluarga atau pacar, dan banyak juga yang lebih memilih untuk menonton drakor (drama korea) atau scroll sosial media, seperti tiktok, instagram, twitter, ataupun menonton youtube. 

Namun banyak mahasiswa juga yang lebih memilih untuk mengerjakan tugasnya mendekati tenggat pengumpulan, karena kesibukannya sebagai mahasiswa yang mengikuti kegiatan organisasi ataupun UKM (Unit Kegiatan Mahasiswa) di kampus masing-masing. Beberapa mahasiswa juga ada yang kuliah sambil bekerja hingga membuatnya tidak ada waktu untuk mengerjakan tugas di awal waktu.

Lalu bagaimana cara menghindari perilaku prokrastinasi ? Hal ini dimulai dari bagaimana kita bisa mengatur waktu untuk membagi-bagi kegiatan yang kita laksanakan sehari-hari, mulai dari bermain handphone, healing, mengikuti kegiatan organisasi dikampus dan bekerja. Bagaimana kita dapat memilih lingkungan yang sehat agar kita memiliki semangat untuk mengerjakan tugas, karena lingkungan menjadi salah satu penyebab individu untuk melakukan perilaku prokrastinasi.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline