Lihat ke Halaman Asli

Temperamen yang Suka Marah-marah Itu kan?

Diperbarui: 29 September 2021   22:54

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

sumber: www.pelajaran.co.id

Suatu ketika ada seorang anak merasa marah dengan kemarahan yang meledak-ledak hingga ia membanting benda-benda di sekitarnya dan juga berperilaku mencak-mencak. Kemudian datanglah seorang tetangga yang menyaksikan apa yang anak itu lakukan. Sang tetangga pun berceletuk pada ibu dari anak tersebut, "Mbak, anak kamu orang yang tempramental, aku lihat dia sering marah-marah kayak gitu kalo berantem sama temennya."

Seringkali mansyarakat mendefinisikan tempramen sebagai kemarahan yang meledak-ledak, padahal definisi tempramen sendiri tidak demikian. Sering bukan kita mendengar orang-orang berkata "aku nggak mau sama dia, dia temperamental, bisa-bisa nanti aku dimarahin terus. Pokoknya aku nggak mau sama orang yang nggak samaran dan suka marah-marah nggak jelas kayak dia,". Orang yang berkata seperti itu, sebenarnya mereka masih belum memahami betul arti dan makna kata 'temperamental'.

Maka dari itu, agar lebih mengetahui tentang apa itu definisi temperamental, mari saya jelaskan yang dimaksud dengan temperamental! Yuk baca hingga akhir!

Sebenarnya temperamen itu apa sih? Apakah temperamen itu karakteristik manusia?

Nah, tepat sekali. Temperamen itu karakteristik yang ada pada diri manusia. Karakteristik yang dimaksud bukan seperti definisi sifat manusia, melainkan karakteristik yang berkaitan dengan bagaimana cara biologis manusia dalam mendekati dan bereaksi terhadap seseorang, objek, atau situasi. 

Temperamen sendiri merupakan gaya perilaku manusia yang menunjukkan kecirikhasan dalam memberikan tanggapan terhadap sesuatu yang dimaksud seseorang. 

Artinya apa? Artinya seseorang akan menunjukkan tanggapan dengan perilaku dan ciri khasnya, tetapi perlu diketahui bahwa objek temperamen bukan tentang apa yang seseorang lakukan tetapi bagaimana orang tersebut melakukan atau menanggapi suatu siatuasi. Tidak hanya berfokus pada bagaimana seseorang bereaksi terhadap situasi eksternal, tetapi juga bagaimana seseorang mengatur fungsi mental dirinya.

Dikutip dari blogspot.com, seorang ahli yang bernama LaHaye (1999) menjelaskan bahwa temperamen merupakan kombinasi pembawaan yang diturunkan dari orang tuda dan tanpa disadari dapat mempengaruhi tingkah laku manusia. Beliau juga menjelaskan temperamen menetapkan garis pedoman yang tegas atas pola tingkah laku setiap orang yang akan mempengaruhi seseorang selama hidupnya.

Dari definisi tersebut dapat disimpulkan bawa temperamental merupakan karakteristik bawaan yang ada pada setiap insan yang mempengaruhi tingkah laku sekaligus kehidupan manusia.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline