Lihat ke Halaman Asli

Deswina Maharani

Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Banjarmasin

Tanganku Bersih, Lingkunganku Sehat

Diperbarui: 29 Agustus 2022   14:16

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Foto bersama anak-anak TK Desa Pindahan Baru (Dokpri)

Tim Pengabdian Masyarakat Dari Universitas Muhammadiyah Banjarmasin Melakukan Edukasi Tentang Cara Mencuci Tangan dengan Sabun yang Baik & Benar serta Edukasi Membuang Sampah di Tempat Sampah pada Anak-Anak TK Desa Pindahan Baru Kecamatan Rantau Badauh.

Pada hari Kamis,18 Agustus 2022 Tim Pengabdian Masyarakat UM Banjarmasin melakukan edukasi cara mencuci tangan dengan sabun yang baik dan benar serta edukasi membuang sampah pada tempatnya kepada anak-anak TK Mentari Desa Pindahan Baru, Kecamatan Rantau Badauh. 

Diantara beberapa Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) yaitu mencuci tangan dengan menggunakan air bersih dan sabun serta membuang sampah pada tempatnya. Ini adalah kebiasaan yang baik mengingat banyak penyakit yang menyebar akibat dari tangan yang kotor atau tidak bersih dan sampah yang menumpuk.

 Tangan merupakan media yang sangat ampuh untuk berpindahnya penyakit, karena tangan digunakan untuk memegang benda-benda yang seringkali tidak kita ketahui dengan pasti kebersihannya. Maka dari itu, pentingnya mengetahui cara mencuci tangan dengan sabun  yang baik dan benar sejak dini.

 Mencuci tangan sangat diutamakan pada waktu-waktu penting, seperti sebelum makan, setelah buang air besar, dan setelah beraktifitas. Ada beberapa manfaat saat mencuci tangan, yaitu membunuh kuman yang ada di tangan, mencegah penularan penyakit seperti diare, tipes, kecacingan, penyakit kulit, infeksi saluran pernapasan akut (ISPA), flu burung atau severe acute respiratory syndrome (SARS), dan tangan menjadi bersih dan bebas dari kuman.

 Membuang sampah pada tempatnya juga sangat penting karena Sampah merupakan material sisa yang tidak diinginkan setelah berakhirnya suatu proses. Sampah merupakan media menumpuknya bakteri dan virus penyebab penyakit. Manfaat membuang sampah pada tempatnya yaitu agar diri terhindar dari beragam penyakit yang mengintai. Sampah yang dibuang sembarangan menjadi tempat berkembangnya bakteri penyebab penyakit. sampah juga menyebarkan virus dan parasit melalui kontak langsung misalnya kontak fisik dengan sampah.

 Anak-anak TK Desa Pindahan Baru sangat antusias saat edukasi. Pertama-tama kami memberikan nyanyian serta permainan sedikit pada anak-anak TK. Lalu memberitahukan betapa pentingnya cuci tangan dengan sabun dan membuang sampah pada tempatnya. Saat mempraktekkan cara mencuci tangan anak-anak tampak bersemangat dan gembira sekali.  

 Kegiatan program kerja ini juga dilakukan dengan memperlihatkan video Nussa & Rara (Mencuci tangan & membuang sampah pada tempatnya), anak-anak sangat menyukainya dan sigap mempraktekkan cara mencuci tangan. Karena media digital video sangat disukai anak-anak serta anak-anak cepat tanggap dalam menonton video animasi.

Anak-anak meonton video animasi (Dokpri)

Diakhir edukasi tim pengabdian masyarakat memberikan poster tentang cara mencuci tangan yang baik & benar agar dapat dilihat dan selalu dipraktekkan oleh anak-anak TK Mentari Desa  Pindahan Baru. Tim pegabdian masyarakat juga memberikan sabun cuci tangan dan bak sampah pada Guru TK untuk digunakan di TK Mentari Desa Pindahan Baru.

 Dalam kegiatan program kerja ini, diharapkan anak-anak akan selalu mempraktekkan cuci tangan dan membuang sampah pada tempatnya agar terhindar dari penyakit yang timbul dari bakteri atau virus-virus yang menempel dari benda apapun.  

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline