Lihat ke Halaman Asli

KAS, Piutang dan Pemecahan Kasus sesuai dengan PSAK

Diperbarui: 24 Maret 2022   23:25

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

KAS DAN PIUTANG

Pengelolaan keuangan dalam perusahaan merupakan kunci utama kegiatan operasional perusahaan dan tidak akan terlepas dari kegiatan yang berhubungan dengan kas. Bila pemakaian dana tidak terkontrol akan berakibat kas kosong yang menyebabkan terganggunya semua kegiatanoperasional perusahaan. 

Manajemen atas arus keluar-masuknya dana perusahaan yang terkontrol akan menunjukkan kredibilitas perusahaan yang baik di dunia bisnis.Dalam kondisi kas yang buruk, manajemen dituntut untuk segeramembenahi keuangan perusahaan. Usaha mengatasi situasi tersebut akan mengarah kepada pengawasan arus kas dengan penataan yang baik atas manajemen arus kas. 

Kas dan piutang merupakan aktiva yang paling lancar dalam arus kelancaran kegiatan perusaahan. Kas dan piutang merupakan kelompok harta dalam neraca. Semakin baik dan credible perputaran kas maka semakin baik pula perputaran pada piutang. Karena kas dan piutang adalah hal yang saling memiliki keterkaitan. Piutang dapat dikatan sebagai aset yang paling liquid setelah kas

Kas adalah aktiva lancar atau kekayaan perusahaan yang dapat digunakan untuk membayar kegiatan operasional perusahaan atau dapat digunakan untuk membayar kewajiban saat ini. Wujud dari kas dapat berupauang kertas / logam, simpanan bank yang sewaktu-waktu dapat ditarik, danakas kecil, cek, dan sebagainya. Perlu diperhatikan, kas bukan merupakan persediaan barang dagangan, piutang, tanah ataupun bangunan yang kitamiliki. 

Memang hal-hal tersebut bisa dijadikan uang namun biasanya akan membutuhkan waktu, yang kadang kala memakan waktu cukup lamaKas dan piutang merupakan aktiva yang paling lancar dalam arus kelancaran kegiatan perusaahan. Kas dan piutang merupakan kelompok harta dalam neraca. 

Semakin baik dan credible perputaran kas maka semakin baik pula perputaran pada piutang. Karena kas dan piutang adalah hal yang saling memiliki keterkaitan. Piutang dapat dikatan sebagai aset yang paling liquid setelah kas.

Lalu bagaimana cara menjalankan pencatatan aktiva yang lancar?

1. Mengidentifikasi kontrakdengan pelanggan

a. harus ada hubungan antara barang/jasa yangdijanjikan dengan kontrak

b. Beberapa kontrak mungkinperlu dikombinasikan

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline