WhatssApp merupakan aplikasi yang sangat sering digunakan Sales untuk bekerja. Melalui WhatsApp, Sales dapat berkomunikasi dan menjalin hubungan dengan customer melalui aplikasi ini. Karena bisa dikatakan semua orang Indonesia yang punya Smartphone pasti memiliki aplikasi satu ini.
Tapi kehadiran WhatsApp hanyalah mengubah kebiasaan kita dari menggunakan SMS dan Telephone menjadi menggunakan WhatsApp saja. Dan itu bukanlah digitalisasi yang penulis maksudkan. Karena kalau hanya WhatsApp, bukan Sales pun menggunakannya.
Kenapa kita perlu Digitalisasi dalam dunia Sales:
1. Memudahkan pencatatan dan analisis data pelanggan
2. Mengoptimalkan kinerja sales
3. Meningkatkan efisiensi
4. Mempercepat proses penjualan
Setiap perusahaan perlu membuat satu divisi khusus guna meningkatkan kinerja perusahaan melalui dunia digital. Penulis tidak akan mengenalkan pembaca kepada satu aplikasi secara spesifik. Namun, penulis akan membahas dan memberikan gambaran pentingnya digitalisasi di masa kini sebagai Sales.
1. Master Data Customer
Perusahaan perlu membuat satu portal privasi perusahaan yang dapat diakses oleh Manager ataupun Sales Supervisor yang berisi seluruh data pelanggan mengenai lokasi, nama, dan riwayat barang yang dipesannya. Sebenarnya semua itu dapat dilakukan dalam file excel. Namun file excel dapat saja berpindah tangan dan tidak efisien apabila pihak pusat ingin melihat datanya.
Selain itu data pelanggan yang menjadi master data dapat menjadi sistem yang tertanam, sehingga apabila ada pergantian jabatan, penggantinya dapat dengan mudah melihat data pelanggan yang sudah ada tanpa harus menghubungi pegawai yang lama. Kita juga dapat membuat rute perjalanan Sales dengan basis data lokasi pelanggan.