Pada pertengahan tahun 2019, tercatat ada lebih dari 25 juta perusahaan dari seluruh dunia yang sudah memiliki akun Instagram untuk bisnis. Fitur ini berhasil menarik lebih dari 200 juta pengguna Instagram untuk "mengintip" setidaknya satu akun Instagram untuk bisnis setiap harinya.
Berawal dari hanya sekedar mengunggah foto dan video, kini Instagram menjadi "rumah" bagi para pengusaha dan brands, di mana tingkat engagement-nya tinggi, followers-nya setia, dan tujuan bisnis nyata yang tentunya sangat mungkin untuk dicapai.
Kalau kamu termasuk seseorang yang ingin tahu lebih lanjut tentang Instagram untuk bisnis, seperti baru ingin memulai atau ingin memperbaiki strategi yang sudah ada, berikut 5 langkah untuk memiliki akun Instagram untuk bisnis yang sukses. Mau tau? Lanjut scroll down, ya!
1. Membuat akun Instagram untuk bisnis
Ada 2 pilihan untuk membuat akun Instagram untuk bisnis, yaitu mengubah akun Instagram pribadi menjadi akun Instagram untuk bisnis dan membuat akun Instagram baru dari awal.
Pilihan mengubah akun Instagram pribadi menjadi akun Instagram untuk bisnis disarankan untuk seseorang yang sudah memiliki konten yang sudah sesuai dengan brand yang akan dibuat atau dikembangkan dan memiliki followers dan following yang mapan.
Sedangkan pilihan membuat akun Instagram baru bisa menjadi pilihan yang tepat untuk seseorang yang belum memiliki akun Instagram pribadi, atau memiliki akun Instagram pribadi yang enggak cocok untuk merepresentasikan bisnis yang dijalankan.
2. Mengoptimalkan profil
Dalam tahap awal membuat akun Instagram untuk bisnis, pasti kamu akan diminta untuk mengisi informasi dasar. Setelah itu, kamu bisa mengoptimalkan profilmu dengan menciptakan bio akun Instagram untuk bisnis yang efektif dengan cara di bawah ini:
- Suarakan karakter dari bisnis atau brand-mu
- Pakai hashtags atau tagar yang sesuai
- Tambahkan emoji merupakan hal yang patut untuk dicoba!
- Buatlah bio yang mudah dibaca dan dimengerti dengan memperhatikan spasi dan jeda baris
Selain profil dalam bentuk tulisan, foto profil juga memiliki peran penting dalam menarik audience. Kebanyakan bisnis dan brand memilih untuk menggunakan logo sebagai foto profilnya. Karena ada ukuran tertentu, pastikan foto logo yang kamu gunakan enggak terpotong dan tampak jelas.
3. Unggah konten yang menarik
Saat membuka Instagram, semua orang pasti berekspektasi untuk melihat berbagai unggahan konten yang menarik. Dalam akun Instagram untuk bisnis, karakter visual yang estetis sangatlah penting. Enggak hanya sekedar estetis, konten yang diunggah juga harus merepresentasikan karakter bisnis atau brand.
Enggak harus selalu menggunakan jasa fotografer profesional, kamu bisa mengandalkan cahaya natural, memperhatikan angle, dan mengedit foto dengan berbagai aplikasi yang gratis.
Selain unggahan dalam Instagram feeds, unggahan di Instagram stories juga Enggak boleh sampai kalah menarik!