Lihat ke Halaman Asli

Desti Nur Aini

Universitas Negeri Malang

Memahami Kearifan Lokal dan Kebhinnekaan di Desa Sumberdem Bersama Kelompok Cakra Smart

Diperbarui: 26 November 2023   06:32

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Doc. Pribadi

Malang  -- Bicara tentang keindahan alam di Indonesia tidak akan pernah habis. Negara yang kaya akan keindahan alam dan keragaman budaya seringkali menyajikan peluang eksplorasi yang menarik untuk ditelusuri  bagi kelompok pemuda dan pelajar. Salah satunya adalah perjalanan yang tak terlupakan yang dilakukan oleh kelompok Cakra Smart ke Desa Sumberdem, Kabupaten Malang, sebuah tempat yang sekaligus menawarkan keramahan dan pesona alam yang luar biasa.

Cakra Smart, satu dari enam kelompok Modul Nusantara dari program Pertukaran Mahasiswa Merdeka (PMM) 3 Universitas Negeri Malang melaksanakan kegiatan modul kebhinekaan 5 di Desa Sumberdem, Kecamatan Wonosari, Kabupaten Malang dengan didamping oleh Dosen dan Mentor Modul Nusantara, Dr. Desti Nur Aini, S.S., M.Pd. dan  Amalia Arifah Rahman, S.E., M.M.

Menjejakkan Kaki di Sumberdem

Desa yang terletak sekitar 34 km atau sekitar satu setengah jam perjalanan dari Universitas Negeri Malang mempersembahkan pemandangan alam yang umumnya ditemui. Di sepanjang perjalanan, terdapat berbagai jenis tanaman yang berfungsi sebagai pagar, jalan yang bersih, udara yang segar, dan terbebas dari polusi. 

Saat kami tiba, kami disambut dengan ramah oleh Ibu Purwati S.E., yang merupakan Kepala Desa, serta oleh keluarga-keluarga lokal dan penduduk desa. 

Suasana damai dan keramahan Desa Sumberdem segera terasa, kami menikmati berbagai hidangan makanan sederhana yang lezat, yang tidak hanya memikat selera tetapi juga memberikan kesan kampung halaman dengan bercerita dan berbagi tawa bersama masyarakat sekitar, membawa kami kembali kepada momen-momen istimewa di kampung halaman di tengah suasana yang berbeda.

Doc. Pribadi 

Senam Bersama di Bawah Langit Terbuka

Kesempatan untuk melakukan senam bersama para lansia dan Ibu-ibu  menjadi salah satu momen yang berkesan dan menyenangkan. Cakra Smart dan penduduk desa berkumpul di lapangan terbuka yang luas dan indah. 

Di bawah  langit biru yang cerah merupakan cara sehat untuk memulai hari, dengan berbagi momen kebugaran dan kecerian. Senam bersama ini juga menjadi wadah untuk saling mengenal, ceria bersama dan melupakan sejenak hiruk pikuk kehidupan sehari-hari.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline