Lihat ke Halaman Asli

SD Negeri 2 Gempolan Sukses Selenggarakan Peringatan Maulid Nabi

Diperbarui: 3 Oktober 2023   22:52

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Perimgatan Maulid Nabi Muhammad SAW di SD Negeri 2 Gempolan, Pakel, Tulungagung, Sabtu (30/09/2023) (Dok.Destina) 

Gempolan, 30 September 2023 – SD Negeri 2 Gempolan menyelenggarakan acara peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW dengan gembira pada hari Sabtu, 30 September 2023. Acara ini diikuti oleh siswa, guru dan warga sekolah lainnya. Peringatan Maulid Navi Muhammad SAW merupakan momen penting bagi umat Islam di seluruh dunia untuk mengenang kelahiran Nabi Muhammad SAW dan merenungkan ajaran - ajarannya yang penuh kasih kasang dan kedamaian. Acara ini juga termasuk dalam agenda kalender sekolah yang bertujuan untuk mengenang kelahiran Nabi Muhammad SAW dan sekaligus untuk mengenalkan dan mengedukasi siswa SD Negeri 2 Gempolan tentang nilai – nilai agama dan budaya Islam.

Acara ini dimulai pada pukul 08.30 WIB  dan bertempat di ruang kelas SD Negeri 2 Gempolan. Para siswa, guru, dan warga sekolah yang lain berkumpul di tempat itu untuk mengikuti serangkaian kegiatan yang sudah dirancang oleh panitia. Acara peringatan ini dibuka oleh sambutan Kepala Sekolah SD Negeri 2 Gempolan yang menekankan pentingnya memperingati Maulid Nabi dalam suasana yang damai dan penuh toleransi. Kemudian dilanjutkan dengan cerita singkat tentang kelahiran Nabi Muhammad oleh guru mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Disepanjang acara ini, semua siswa, guru dan warga sekolah lainnya melantunkan sholawat Nabi.

Pada acara peringatan Maulid Nabi Muhammad di SD Negeri 2 Gempolan terdapat beberapa perlombaan yang dilaksanakan, diantaranya lomba hafalan surah pendek yang diikuti oleh siswa kelas 1 sampai kelas 6 dan lomba Adzan yang diikuti oleh siswa kelas 4 sampai kelas 6. Lomba – lomba tersebut dilaksanakan sebagai bentuk penghormatan dan pengenalan terhadap ajaran - ajaran Islam. Selain itu, SD Negeri 2 Gempolan juga memperkenankan siswa untuk membawa makanan dari rumah atau yang biasa disebut "takiran" yang dikemas dengan nuansa modern tidak lagi menggunakan daun pisang. Takiran ini bertujuan sebagai rasa syukur atas kelimpahan rejeki yang diberi oleh Allah SWT.

Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW yang diselenggarakan di sekolah merupakan salah satu ajang untuk mengenalkan kepada siswa SD Negeri 2 Gempolan tentang toleransi antar umat beragama. Meskipun SD Negeri 2 Gempolan merupakan sekolah umum, peringatan acara Maulid Nabi Muhammad SAW di hadiri oleh siswa dengan latar belakang agama yang berbeda. Dengan demikian, acara ini menjadi kesempatan untuk belajar tentang Islam dan merasakan kebersamaan selama acara ini berlangsung. 

Acara peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW di SD Negeri 2 Gempolan ini berlangsung dengan sukses dan mendapatkan kesan positif dari semua pihak yang menghadiri acara tersebut. Semangat kebersamaan, sikap toleransi dan rasa cinta terhadap ajaran Nabi Muhammad SAW terasa kuat selama kegiatan berlangsung.

Dengan memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW, siswa SD Negeri 2 Gempolan bisa mendapatkan pemahaman yang lebih mendalam tentang agama dan budaya Islam khususnya adalah pengetahuan tentang kelahiran Nabi Muhammad SAW, perjalanan kehidupan Nabi Muhammad dan juga ajaran - ajaran beliau tentang sikap toleransi. Diselenggarakannya acara ini juga mengajarkan siswa SD Negeri 2 Gempolan betapa pentingnya sikap saling menghargai, selalu bersyukur dan toleransi antar sesama umat muslim dalam kehidupan sehari – hari. Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW tidak hanya menjadi peristiwa bersejarah, akan tetapi pembelajaran berharga bagi siswa untuk memahami dan menghargai keberagaman agama baik di lingkungan sekolah, masyarakat dan negara. 




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline