Lihat ke Halaman Asli

Desti Natalia Zai

Pendidikan Fisika

Waspada! Dampak Media terhadap Kehidupan Manusia

Diperbarui: 15 Mei 2020   10:23

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Media. Sumber ilustrasi: PIXABAY/Free-photos

Pernahkah kamu berpikir bagaimana TV, musik, internet, film, majalah, papan iklan, game dll..... mungkin dapat membentuk dan mempengaruhi tingkah laku, pikiran, dan sikap?

Media merupakan suatu alat perantara atau pengantar yang berfungsi untuk menyalurkan pesan atau informasi dari suatu sumber kepada penerima.

Banyak media yang mampu mempengaruhi persepsi kita apabila kita tidak mampu menemukan arti atau makna yang sesungguhnya.

Beberapa hal yang perlu kita ketahui pengaruh media:

Pengaruh Lirik Lagu

Bukan suatu rahasia lagi bahwa musik dapat mempengaruhi hidup kita. Yaaa.... sebagian banyak orang tidak kepikiran tentang lagu-lagu yang mereka nikmati tanpa tahu betul arti dari lirik lagu tersebut. Lirik-lirik dalam sebuah lagu dapat mengandung arti yang baik atau buruk. Bahkan hambatan bahasa yang dapat membuat kita tidak mengerti makna lagu yang didengar. Lirik musik yang agresif yang dapat meneruskan perilaku agresif dan memiliki efek jangka panjang, seperti mempengaruhi persepsi pendengarnya.

Daya Tarik Emosi

Emosi memainkan peran signifikan dalam iklan. Para pembuat iklan tahu jika mereka dapat memancing reaksi emosional (baik positif maupun negatif) pada iklan tersebut, maka mereka akan mendapatkan respon seperti yang mereka inginkan terhadap produknya tersebut.

Contoh lainnya seperti adegan film yang seringkali mengaduk-aduk pikiran dan merubah persepsi kita terhadap para pemain film. Kita sering menganggap bahwa apa yang diperankan di film adalah kehidupan yang sesungguhnya dari para pemain.

Anatomi Media

Perusahaan menggunakan media bukan hanya agar kita tahu produk mereka, melainkan juga untuk membuat kita dapat membeli produk tersebut. Kebanyakan orang adalah penonton TV yang pasif dan mungkin tidak menyadari pesan tersembunyi di balik media atau iklan yang ada. Dengan pemaparan yang terus menerus, maka konsumer akan lebih terbuka untuk membeli produk tersebut.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline